Siklon Tropis Herman Bergeser, Berikut Wilayah Indonesia yang Berpotensi Hujan Hingga Selasa 4 April 2023

- 3 April 2023, 16:00 WIB
Siklon Herman. Berikut daftar wilayah Indonesia yang berpotensi hujan hingga Selasa 4 April 2023 setelah Siklon Tropis Herman bergerak ke barat daya Jawa.
Siklon Herman. Berikut daftar wilayah Indonesia yang berpotensi hujan hingga Selasa 4 April 2023 setelah Siklon Tropis Herman bergerak ke barat daya Jawa. /

Berita KBB - BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca hujan di wilayah Indonesia untuk hari Senin 3 April 2023 dan Selasa 4 April 2023. Kondisi cuaca hujan ini masih dipengaruhi Siklon Tropis Herman yang terdeteksi di selatan Jawa Barat baru-baru ini.

Menurut laporan peringatan dini cuaca hujan yang dikeluarkan pada Minggu 2 April 2023, Siklon Tropis Herman per Minggu kemarin terpantau berada di Samudera Hindia selatan barat daya Jawa, dengan kecepatan angin maksimum 45 knot atau 83 kilometer per jam. 

Dalam 24 jam, siklon tropis ini diprediksi mengalami penurunan intensitas dan bergerak ke barat menjauhi wilayah Indonesia. Namun, siklon ini masih mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitarnya.

Baca Juga: Profil Anas Urbaningrum, Segera Bebas Dalam Waktu Dekat Atas Kasus Korupsi Hambalang

Sementara itu, BMKG memantau adanya sirkulasi siklonik di Filipina bagian selatan, Nusa Tenggara Barat dan sekitar perairan Kepulauan Tanimbar. Sirkulasi siklonik itu membentuk daerah perlambatan kecepatan angin yang memanjang di Laut Sulawesi, dan di Jawa Timur.

Daerah konvergensi lainnya juga terbentuk memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, di Laut Jawa, pesisir selatan Jawa Barat, Sulawesi bagian tengah, Laut Seram, dan dari Papua Barat hingga Papua.

Selain itu, daerah pertemuan angin terbentuk di wilayah Sumatera bagian tengah, Maluku Utara, dan Maluku. Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan sepanjang daerah perlambatan dan pertemuan angin tersebut.

Baca Juga: Profil Dito Ariotedjo, Menpora Muda Dari Partai Golkar, Simak Perjalanan Karirnya

Berita KBB telah merangkum daftar potensi hujan di wilayah Indonesia pada hari Senin 3 April 2023 dan Selasa 4 April 2023. Cek apakah wilayah Anda terdampak potensi hujan akibat Siklon Tropis Herman pada daftar wilayah berikut. 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x