Jadi Pembicara Seminar IPB, Didik Prasetyo PTPN VIII Mendukung Kelapa Sawit untuk Biomaterial Maju

- 17 Juni 2023, 14:59 WIB
Jadi Pembicara Seminar IPB, Didik Prasetyo PTPN VIII Mendukung Kelapa Sawit untuk Biomaterial Maju
Jadi Pembicara Seminar IPB, Didik Prasetyo PTPN VIII Mendukung Kelapa Sawit untuk Biomaterial Maju /

BERITA KBB - Pusat Studi Sawit IPB dan Departemen Fisika FMIPA IPB mengadakan Seminar Nasional dan Workshop Kelapa Sawit untuk Biomaterial Maju pada tanggal 14 – 15 Juni 2023 di IPB International Convention Center, Botani Square Building.

Seminar Nasional ini merupakan penghubung atas riset sawit dengan industri hilirisasi, serta pula menjawab berbagai permasalahan yang berkaitan dengan basis kelapa sawit.

Seminar tersebut dihadiri oleh para praktisi industri manufaktur, BUMN kluster perkebunan, mashasiswa, dosen dan peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Pada sesi pertama, seminar menghadirkan 4 (empat) pembicara dari berbagi instansi, di antaranya anggota Komite Penelitian dan Pengembangan Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Dr. Tony Liwang.

Baca Juga: Daftar Pemain FTV Sore 'Princess Cantik Pangeran Sawah' Sabtu 17 Juni 2023 Pukul 14.30 WIB

Dalam pemaparannya Tony mengatakan “Indonesia berharap dapat memproduksi lebih dari 50 juta ton minyak sawit yang dapat berguna contohnya untuk pembuatan rompi, helm dan lainnya, semoga Indonesia bisa membawa keberlanjutan pada Komoditi Sawit”
Pembicara kedua juga dihadiri oleh Ketua Bidang Agroindustri GAPKI, Bapak Rapolo Hutabarat yang mengatakan “Jika kontribusi nilai ekspor minyak sawit terhadap APBN terus naik sejak 2019”.

Sedangkan Pembicara ke tiga, dari PT Chandra Asri Petrokimia Tbk Bapak Edi Riva’I mengatakan “Sampah sawit berpotensi besar dalam pengembangan nilai tambah produk yang menjadi bahan baku Perusahaan Petrokimia dan dapat mengurangi import naphtha”.

Pembicara terakhir pada sesi ini adalah Direktur PT Perkebunan Nusantara VIII, Didik Prasetyo dalam pemaparannya menjelaskan “Bahan tandan kosong untuk biomassa dan biomaterial sangat melimpah di Indonesia”
“PTPN VIII selama ini sebenarnya sudah menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak di antaranya kelompok tani, peneliti, IPB, PT PTEC, dan pihak lainnya. Oleh karena itu, PTPN VIII sangat mendukung kerja sama ini terutama IPB dalam melakukan riset khususnya kelapa sawit.

Baca Juga: Prakiraan Hujan Indonesia Sabtu 17 Juni 2023, Cek Kondisi Cuaca Sebelum Rekreasi Akhir Pekan Ini!

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x