Peringatan Dini Cuaca 25-26 Agustus 2023: Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat Berpotensi Hujan Disertai Petir

- 25 Agustus 2023, 08:08 WIB
Cuaca di perairan laut NTT cerah berawan/DeranaNTT/Mulia Donan
Cuaca di perairan laut NTT cerah berawan/DeranaNTT/Mulia Donan /
 

Berita KBB - Bila Anda bekerja di lapangan, ada baiknya simak terlebih dulu informasi peringatan dini cuaca Indonesia 25-26 Agustus 2023 berikut ini yang mencakup prediksi cuaca selama 2 hari ke depan.


Menurut laporan peringatan dini cuaca yang diperbarui BMKG pada Kamis 24 Agustus 2023, hujan lebat diprediksi mengguyur beberapa provinsi di sebagian Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.


Selain potensi hujan lebat, dalam kurun waktu 2 hari ke depan, ada beberapa wilayah yang diprediksi mengalami angin kencang, yakni di sebagian Nusa Tenggara dan Sulawesi.

 

Baca Juga: Ini Momen Gubernur Ridwan Kamil Jadi Inspektur Upacara HUT RI Terakhir Kali


Menurut BMKG, bibit Siklon Tropis 91W terpantau berada di Samudra Pasifik Barat sebelah timur Filipina, dengan kecepatan angin maksimum 30 knot atau sekira 55 km/jam dan tekanan udara minimum 1006 hPa.


Diperkirakan bibit 91W dalam 24 jam ke depan bergerak ke arah utara-barat laut dengan potensi tumbuh menjadi siklon tropis dalam kategori sedang.


Selain itu, BMKG memantau terbentuknya daerah perlambatan angin memanjang dari pesisir barat Bengkulu hingga Sumatra Barat, dari Jambi hingga Sumatra Barat, dari Laut Natuna hingga Kepulauan Riau, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Barat, dari Laut Maluku hingga Gorontalo, dan di Samudra Pasifik utara Papua.


Sementara daerah pertemuan angin terpantau berada dari Laut Arafuru hingga Laut Banda, di Samudra Hindia Selatan Jawa, dan Laut Banda. Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah perlambatan dan pertemuan angin tersebut. 


Provinsi apa sajakah yang terdampak potensi hujan lebat dan angin kencang dalam 2 hari ke depan? Berikut ini peringatan dini cuaca Indonesia 25-26 Agustus 2023 sebagaimana diinformasikan laman resmi BMKG.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x