Jawa Barat dan Sejumlah Provinsi Lain Berpotensi Diguyur Hujan 29-30 Agustus 2023

- 29 Agustus 2023, 07:25 WIB
Jawa Barat dan Sejumlah Provinsi Lain Berpotensi Diguyur Hujan 29-30 Agustus 2023
Jawa Barat dan Sejumlah Provinsi Lain Berpotensi Diguyur Hujan 29-30 Agustus 2023 /ANTARA
 

Berita KBB - Berikut ini informasi peringatan dini cuaca di seluruh wilayah Indonesia selama 2 hari ke depan, Selasa-Rabu 29-30 Agustus 2023. Cek apakah wilayah domisili Anda termasuk salah satu yang terdampak.


Menurut laporan peringatan dini cuaca yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Senin 28 Agustus 2023, beberapa provinsi diprediksi hujan ringan hingga lebat selama 2 hari ke depan.


BMKG juga memprediksi potensi angin kencang di sebagian wilayah Nusa Tenggara, Sulawesi dan Maluku selama kurun waktu tersebut.

 

Baca Juga: Daftar Rating Acara TV 27 Agustus 2023: Magic 5 Out Dari Top 10, Cinta Setelah Cinta Salip Bidadari Surgamu


Terkait peringatan dini cuaca ini, BMKG menerangkan bahwa Siklon Tropis Saola di Laut Filipina bergerak ke arah timur laut dengan kecepatan angin maksimum 85 knot (155 km/jam) dan tekanan udara minimum 955 hPa.


Diprediksi intensitas Siklon Tropis Saola ini meningkat dalam 24 jam ke depan dan memicu peningkatan kecepatan angin >25 knot yang memanjang dari Laut Cina Selatan dan Laut Sulu hingga Laut Filipina. 


Selain itu, BMKG juga memantau daerah perlambatan kecepatan Angin di Samudra Hindia barat Sumatra, dari perairan barat Kepulauan Mentawai hingga Sumatra Utara, dari perairan barat Aceh hingga Selat Malaka, dari Sumatra Selatan hingga Laut Natuna.


Daerah konvergensi juga terpantau di Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dari Laut Banda hingga Laut Maluku dan Pulau Halmahera, dari Papua Barat, dan Papua Nugini hingga Perairan utara Papua Barat - Papua.


Adapun daerah pertemuan angin terpantau di Laut Cina Selatan. Siklon Tropis, daerah perlambatan dan pertemuan angin ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang wilayah yang terdampak.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah