Daftar Hari Besar September 2023, Ada Hari Bahasa Bajak Laut Sedunia Hingga Peringatan Pemberontakan G30S-PKI

- 31 Agustus 2023, 13:29 WIB
Ilustrasi- Kalender September 2023, informasi daftar tanggal merah bulan September 2023 berapa hari, berdasarkan SKB Menteri ada libur nasional pada akhir bulan.
Ilustrasi- Kalender September 2023, informasi daftar tanggal merah bulan September 2023 berapa hari, berdasarkan SKB Menteri ada libur nasional pada akhir bulan. /Pexels.com/@SHVETS production
 

Berita KBB - Jumat esok hari, kita sudah akan meninggalkan bulan Agustus dan memasuki lembaran kesembilan dalam tahun 2023, yakni bulan September.


Meski hari libur nasional pada bulan ini hanya ada sehari yakni libur Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 September 2023 nanti, pada kenyataannya terdapat beberapa hari besar dan penting berskala nasional di Indonesia maupun internasional pada bulan kesembilan tersebut.


Dirangkum dari berbagai sumber, ada 30 momentum peringatan berskala nasional dan internasional yang terdapat pada bulan September 2023. Bahkan dalam satu hari kalender, terdapat 2-3 momentum yang diperingati bersamaan.

 

Baca Juga: Baim Wong Viral lagi karena Marah, Ternyata Persiapan Diskon Pindah Lapak Streaming Jualan ke Shopee Live


Salah satu hari besar yang diperingati secara internasional pada bulan ini adalah Hari Bahasa Bajak Laut. Menurut laman National Day Calendar, momen tersebut diperingati setiap 19 September sejak tahun 1995 atas gagasan John Baur dan Mark Summers atau dikenal juga sebagai Ol’ Chumbucket dan Cap’n Slappy.


Pada Hari Bahasa Bajak Laut Internasional ini, warga yang merayakannya akan menggunakan bahasa percakapan layaknya perompak laut, sehingga momentum ini juga dikenal dengan sebutan “Talk Like A Pirate Day” atau Hari Bicara Seperti Bajak Laut.


Mereka akan menyapa teman dan tetangganya dengan kata “Ahoy Matie”, “Aye, Aye Capt’n, dan menggunakan idiom-idiom khas bajak laut lainnya dalam percakapan sehari-hari.


Sementara di Indonesia, salah satu hari besar nasional yang diperingati pada bulan September adalah peringatan peristiwa pemberontakan G30S/PKI.


Diperingati setiap 30 September tiap tahunnya, masyarakat mengenang salah satu peristiwa pilu dalam sejarah nasional Indonesia yakni penculikan dan pembunuhan 7 jenderal TNI AD yang didalangi PKI pada malam 30 September dan 1 Oktober 1965 silam.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x