Populasi Jepang Makin Menyusut 1 dari 10 Orang Jepang Lansia, Lalu Bagaimana dengan Indonesia?

- 20 September 2023, 10:14 WIB
Ilustrasi penduduk Jepang. Populasi Jepang Makin Menyusut 1 dari 10 Orang Jepang Lansia, Lalu Bagaimana dengan Indonesia?
Ilustrasi penduduk Jepang. Populasi Jepang Makin Menyusut 1 dari 10 Orang Jepang Lansia, Lalu Bagaimana dengan Indonesia? /Kim Kyung-Hoon/REUTERS

 

 

BERITA KBB - Jepang adalah negara dengan populasi tertua di dunia. Menurut data terbaru dari Badan Statistik Nasional Jepang, pada tahun 2023, jumlah penduduk Jepang yang berusia 80 tahun atau lebih mencapai 10,2% dari total populasi, atau sekitar 13 juta orang. Ini adalah pertama kalinya proporsi penduduk Jepang yang berusia 80 tahun atau lebih melebihi 10%.

Sementara itu, jumlah penduduk Jepang secara keseluruhan terus menurun sejak mencapai puncaknya pada tahun 2010. Pada tahun 2023, jumlah penduduk Jepang diperkirakan sekitar 125 juta orang, menurun sekitar 3 juta orang dari tahun 2010. Penurunan ini disebabkan oleh laju kelahiran yang rendah dan laju kematian yang tinggi di antara penduduk lanjut usia. Selain itu, jumlah imigran ke Jepang juga masih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain.

Dampak dari penuaan dan penurunan populasi di Jepang sangat terasa di berbagai bidang, seperti ekonomi, sosial, dan politik. Di bidang ekonomi, penuaan dan penurunan populasi menyebabkan penurunan tenaga kerja dan produktivitas, serta meningkatnya beban fiskal untuk membiayai sistem kesehatan dan pensiun. Di bidang sosial, penuaan dan penurunan populasi menyebabkan masalah seperti kesepian, isolasi, dan kurangnya perawatan bagi para lansia. Di bidang politik, penuaan dan penurunan populasi menyebabkan pergeseran kekuatan dan prioritas antara generasi muda dan tua.

 Baca Juga: Al Nassr Menang 2-0 Atas Persepolis, Ronaldo Tampil Memukau di Debutnya di Liga Champions Asia

Pemerintah Jepang telah mengambil berbagai langkah untuk mengatasi tantangan demografis ini, seperti mendorong partisipasi wanita dan lansia di pasar kerja, meningkatkan insentif untuk memiliki anak, membuka pintu bagi pekerja asing, dan memperbaiki kualitas hidup bagi para lansia. Namun, langkah-langkah ini belum cukup efektif untuk mengubah tren demografis yang sudah berlangsung lama.

 

Bagaimana dengan Indonesia?

Apakah Indonesia menghadapi tantangan demografis yang serupa dengan Jepang? Menurut data terbaru dari Bank Dunia, pada tahun 2023, jumlah penduduk Indonesia diperkirakan sekitar 277 juta orang, meningkat sekitar 33 juta orang dari tahun 2010. Laju pertumbuhan penduduk Indonesia masih positif, meskipun menurun dari 1,46% pada tahun 2000 menjadi 0,74% pada tahun 2023. Proporsi penduduk Indonesia yang berusia 65 tahun atau lebih masih rendah, yaitu sekitar 6% dari total populasi.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x