27 September Memperingati Hari Bhakti Postel, Simak Kisah Pejuang Rebut Kantor Pusat PTT Pasca Kemerdekaan

- 26 September 2023, 11:16 WIB
27 September Memperingati Hari Bhakti Postel, Simak Kisah Pejuang Rebut Kantor Pusat PTT Pasca Kemerdekaan
27 September Memperingati Hari Bhakti Postel, Simak Kisah Pejuang Rebut Kantor Pusat PTT Pasca Kemerdekaan /Tangkapan Layar/Twibbonize
 

Berita KBB - Rabu 27 September 2023 menjadi hari istimewa dan besar bagi para pegawai pos dan telekomunikasi Indonesia. Pasalnya, hari tersebut diperingati sebagai Hari Bhakti Postel yang ke-78.


Menurut laman Kominfo, peringatan Hari Bhakti Postel 27 September 2023 mengusung tema “Kolaboraksi Digital untuk Indonesia Maju”. Setiap tahunnya, para insan pos dan telekomunikasi Indonesia mengenang jasa para pahlawan merebut kantor Pos Telegrap dan Telepon (PTT) di Bandung pada 1945 silam.


Berikut ini rangkuman sejarah Hari Bhakti Postel 27 September yang mengisahkan perjuangan pemuda merebut kantor pusat PTT pasca kemerdekaan dari tangan Jepang.

 

Baca Juga: Daftar Rating Sinetron Selasa 26 September 2023, Cinta Tanpa Karena RCTI Tembus Share 17 Persen, SCTV Siap?


Perebutan kantor pusat PTT itu dilakukan oleh Angkatan Muda Pos Telegrap dan Telepon (AMPTT) di bawah Soetoko. Berawal dari pertemuan pada 3 September 1945, para pemuda sepakat bahwa kantor tersebut harus sudah direbut dari Jepang paling lambat akhir bulan.


Di sisi lain, komandan pasukan Jepang menginstruksikan bahwa penyerahan kantor pusat PTT harus dilakukan Sekutu. Para pemuda AMPTT tentunya tidak mau menunggu lama perintah dari Jakarta terkait pengambilalihan kantor pusat.


Pada 23 September 1945, Soetoko bersama Ismojo dan Slamet Soemari memutuskan meminta kesediaan Mas Soeharto dan R. Dijar untuk menuntut Jepang agar menyerahkan Jawatan PTT secara damai, jika tidak maka mereka akan menempuh jalan kekerasan.


Perundingan Mas Soeharto dan R. Dijar dengan Osada pimpinan PTT Jepang yang berlangsung 3 hari berturut-turut, tidak berhasil karena mereka hanya diizinkan mengibarkan bendera Merah Putih di halaman belakang kantor.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x