Daftar Hari Besar Oktober 2023, Ada Hari Menentang Hukuman Mati Internasional Hingga Sumpah Pemuda

- 30 September 2023, 14:21 WIB
Daftar Hari Besar Oktober 2023, Ada Hari Menentang Hukuman Mati Internasional Hingga Sumpah Pemuda
Daftar Hari Besar Oktober 2023, Ada Hari Menentang Hukuman Mati Internasional Hingga Sumpah Pemuda /
 

Berita KBB - Minggu yang sejatinya adalah hari pertama dalam setiap pekan, juga menjadi hari pertama untuk bulan kesepuluh tahun 2023, yakni Oktober. Berikut ini merupakan daftar hari besar Oktober 2023 yang mencakup puluhan momentum peringatan berskala nasional dan internasional.


Merujuk pada Surat Keputusan Bersama Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Agama dan Menteri PAN-RB, tidak ada hari libur nasional ataupun cuti bersama pada Oktober 2023. Meski demikian, masih ada puluhan hari besar momentum peringatan berskala nasional dan internasional pada bulan ini.


Dirangkum dari berbagai sumber, ada sekira 31 hari besar Oktober 2023 berskala nasional dan internasional. Bahkan di antaranya terdapat 3-4 momentum peringatan yang diperingati bersamaan pada hari yang sama.

 

Baca Juga: Link Nonton BRI Liga 1 Dewa United vs Persebaya Surabaya dan Persis Solo vs Persija Jakarta Live Indosiar


Salah satu momentum yang diperingati bulan ini adalah Hari Internasional Menentang Hukuman Mati. Dikutip dari laman World Coalition, segenap masyarakat, pemimpin politik, dan pengacara di seluruh dunia bersatu pada 10 Oktober untuk meningkatkan kesadaran menentang hukuman mati dan penyiksaan biadab bagi setiap jenis bentuk kejahatan.


Sementara di tingkat nasional, momentum yang paling bersejarah bagi bangsa pada Oktober adalah Sumpah Pemuda. Diperingati setiap 28 Oktober, hari ini diperingati untuk mengenang momen bersatunya seluruh kelompok pemuda dari seluruh negeri dan menyatakan satu bahasa, satu tanah air dan satu bangsa Indonesia.


Berikut ini daftar lengkap hari penting momentum peringatan Oktober 2023 internasional dan nasional.


1 Oktober: Hari Kopi Sedunia, Hari Kesaktian Pancasila, Hari Vegetarian Sedunia, Hari Lanjut Usia Internasional

2 Oktober: Hari Tanpa Kekerasan Internasional, Hari Hewan Ternak Sedunia, Hari Batik Nasional dan Internasional

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah