Ini Dia Deretan Penerima Hadiah Nobel 2023

- 7 Oktober 2023, 07:32 WIB
Hadiah Nobel Perdamaian 2023 Diberikan Kepada Aktivis Iran Narges Mohammadi atas 'Perjuangannya untuk Mempromosikan Hak Asasi Manusia'
Hadiah Nobel Perdamaian 2023 Diberikan Kepada Aktivis Iran Narges Mohammadi atas 'Perjuangannya untuk Mempromosikan Hak Asasi Manusia' /Academy Swedia/Canva

 

BERITA KBB - Hadiah Nobel adalah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada para tokoh yang berjasa dalam bidang sastra, perdamaian, fisika, kimia, fisiologi atau kedokteran, dan ekonomi. Setiap tahun, para pemenang hadiah Nobel diumumkan pada bulan Oktober dan menerima medali, sertifikat, dan uang tunai sebesar 11 juta krona Swedia (sekitar 15 miliar rupiah) pada bulan Desember.

Pada tahun 2023, ada beberapa tokoh yang berhasil meraih hadiah Nobel dalam berbagai bidang. Berikut ini adalah deretan penerima hadiah Nobel 2023 beserta karya dan prestasi mereka.

Hadiah Nobel Sastra: Jon Fosse

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Bubur Toping Ketidakpastian, Fauzan Nasrul dan Valerie Tifanka, Tayang 08:00 WIB

Jon Fosse adalah penulis Norwegia yang memenangkan hadiah Nobel sastra 2023. Penulis ini dipuji karena "drama dan prosa inovatifnya yang menyuarakan hal-hal yang tidak dapat terungkapkan."

 

Fosse lahir pada tahun 1959 di kota pesisir Haugesund, Norwegia. Dia menulis dalam bahasa Norwegia Nynorsk, salah satu bentuk bahasa tertulis di Norwegia. Dia telah menulis lebih dari 30 drama yang dipentaskan di seluruh dunia dalam beberapa bahasa dan meraup banyak penghargaan. Dia juga menulis novel, puisi, esai, buku anak-anak, dan terjemahan.

 

Salah satu karya terkenalnya adalah “Someone Is Going to Come”, sebuah drama tentang seorang pasangan yang pindah ke sebuah rumah kumuh di antah berantah untuk menyendiri, namun menjadi paranoid bahwa “seseorang akan datang” dan memicu kecemburuan tersembunyi dalam diri mereka.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah