25 Link Twibbon Hari Listrik Nasional 27 Oktober 2023, Tema Peringatan dan Sejarah Kelistrikan di Indonesia

- 26 Oktober 2023, 11:36 WIB
25 Link Twibbon Hari Listrik Nasional 27 Oktober 2023, Tema Peringatan dan Sejarah Kelistrikan di Indonesia
25 Link Twibbon Hari Listrik Nasional 27 Oktober 2023, Tema Peringatan dan Sejarah Kelistrikan di Indonesia /Twibbonize/
 

Berita KBB - Jumat 27 Oktober 2023 diperingati sebagai Hari Listrik Nasional ke-78. Tahun ini, momentum peringatan tersebut mengambil tema “Accelerating Renewable Energy, We’re The New Energy.”


Untuk menambah meriah momentum peringatan yang juga merupakan hari berdirinya Perusahaan Listrik Negara (PLN) tersebut, berikut 25 link Twibbon Hari Listrik Nasional 27 Oktober 2023 yang bisa diunduh untuk unggahan di media sosial masing-masing.


Namun sebelum mengunduh twibbon Hari Listrik Nasional 27 Oktober 2023, ada baiknya kita menyimak sejarah kelistrikan di Indonesia terlebih dulu di bawah ini.

 

Baca Juga: Jadwal Trans TV Kamis 26 Oktober 2023 Tayang Film Bats : Human Harvest dan The Hunters Prayer


Dikutip dari laman Kementerian ESDM, sejarah kelistrikan di Indonesia dapat ditarik mundur hingga akhir abad 19, ketika beberapa perusahaan pabrik gula dan teh milik Belanda membangun pembangkit tenaga listrik masing-masing untuk operasional produksinya.


Ketika perusahaan gas swasta Belanda yakni NV Nign memperluas usahanya di bidang penyediaan listrik untuk umum, masyarakat di masa itu pun mulai dapat menggunakan tenaga listrik untuk kebutuhan sehari-hari.


Kemudian pada tahun 1927, Belanda mendirikan s’Lands Waterkracht Bedrijven, sebuah perusahaan listrik negara yang mengelola beberapa PLTA di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bengkulu, dan Sulawesi Utara. Perusahaan listrik di tingkat kotapraja juga ikut dibentuk.


Saat Jepang menduduki Indonesia, perusahaan listrik dan gas milik Belanda beserta seluruh pegawainya diambil alih mereka. Namun setelah kemerdekaan, para pemuda dan pegawai merebut perusahaan-perusahaan tersebut dari tangan Jepang.


Perusahaan-perusahaan listrik dan gas itu kemudian diserahkan kepada pemerintah Republik Indonesia, yang pada 27 Oktober 1945 melalui Penetapan Pemerintah No. 1 Tahun 1945 membentuk Jawatan Listrik dan Gas yang berada di bawah naungan Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Kementrian ESDM Twibonnize.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x