BMKG: Aceh, Kalimantan Timur dan Papua Berpotensi Dihantam Cuaca Ekstrem Hujan Sedang-Lebat Hingga Pekan Depan

- 31 Oktober 2023, 06:56 WIB
BMKG: Aceh, Kalimantan Timur dan Papua Berpotensi Dihantam Cuaca Ekstrem Hujan Sedang-Lebat Hingga Pekan Depan
BMKG: Aceh, Kalimantan Timur dan Papua Berpotensi Dihantam Cuaca Ekstrem Hujan Sedang-Lebat Hingga Pekan Depan /
 

 

Berita KBB - Laporan peringatan dini cuaca ekstrem yang dirilis BMKG pada Senin 30 Oktober 2023 mengungkap bahwa dalam kurun sepekan ke depan, sebagian wilayah wilayah Sumatra, Jawa, Kalimantan hingga Papua berpotensi hujan sedang hingga lebat.


Menurut laporan tersebut, kondisi cuaca ekstrem ini disebabkan adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di sekitar wilayah Malaysia, Kalimantan Barat bagian tengah selatan, serta di perairan timur Filipina.


Seperti diberitakan sebelumnya, sirkulasi siklonik ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di sebagian wilayah Aceh, Kalimantan Barat bagian utara hingga Kalimantan Tengah serta Filipina bagian utara.

 

Selain itu, daerah pertemuan dan perlambatan angin lainnya terpantau memanjang dari Teluk Thailand hingga Laut Andaman dan Papua bagian tengah. Kedua fenomena ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah-daerah tersebut.


BMKG juga mengungkap adanya labilitas lokal kuat di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.


Berdasarkan temuan ini, BMKG memprediksi potensi hujan sedang-lebat terdapat di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Kalimantan Barat, dan Papua.


Selama kurun waktu tersebut, masyarakat diimbau agar waspada terhadap gejala cuaca ekstrem yang timbul berupa hujan lebat, hujan es atau angin puting beliung, dan dampak yang ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan jalan licin.


Berikut sebaran potensi cuaca ekstrem hujan sedang-lebat di wilayah-wilayah tersebut selama sepekan ke depan. Perlu dicatat bahwa informasi berikut bersifat prakiraan, sehingga cuaca yang timbul bisa saja berbeda.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x