Prakiraan Cuaca Hari Ini dan Besok di Indonesia 1-2 November 2023: Hujan Guyur Lampung, Maluku dan Daerah Lain

- 1 November 2023, 07:33 WIB
Prakiraan Cuaca Hari Ini dan Besok di Indonesia 1-2 November 2023: Hujan Guyur Lampung, Maluku dan Daerah Lain
Prakiraan Cuaca Hari Ini dan Besok di Indonesia 1-2 November 2023: Hujan Guyur Lampung, Maluku dan Daerah Lain /
 

Berita KBB - Sebagian wilayah Tanah Air berpotensi diguyur hujan ringan hingga lebat dalam kurun 2 hari ke depan. Hal ini berdasarkan prakiraan cuaca hari ini dan esok Indonesia 1-2 November 2023 yang tertuang dalam laporan peringatan dini BMKG.


Menurut laporan peringatan dini cuaca yang diperbarui Selasa 31 Oktober 2023, hanya terdapat potensi hujan yang mengguyur wilayah Indonesia pada kurun 2 hari ke depan. Tidak ada peluang terjadinya angin kencang di provinsi manapun.


BMKG memantau adanya Bibit Siklon Tropis 92W di laut Filipina timur dengan kecepatan angin maksimum 20 knots dan tekanan udara minimum 1007 hPa, yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin di sepanjang wilayah tersebut.

 

Baca Juga: Prabowo Subianto Bertemu Erick Thohir, Ada Dua Pesan Penting Yang Disampaikan


Berdasarkan data model, bibit siklon tropis 92W  menunjukkan pergerakan ke arah barat dengan potensi menjadi siklon tropis tergolong rendah.


Selain itu, BMKG memantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar wilayah perairan barat Aceh dan di Kalimantan bagian utara, yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di sepanjang wilayah Sumatera Selatan hingga Aceh dan Selat Karimata hingga Kalimantan bagian utara.


Daerah pertemuan dan perlambatan angin lainnya di wilayah Indonesia terpantau berada di Papua bangian tengah. Awan hujan berpotensi tumbuh di sekitar daerah-daerah tersebut. 


BMKG juga mendeteksi labilitas lokal kuat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat dan Papua.


Provinsi mana sajakah yang diprediksi hujan ringan hingga lebat dalam 2 hari ke depan? Berikut ini prakiraan cuaca hari ini dan besok di Indonesia 1-2 November 2023 sebagaimana dikutip dari laporan BMKG.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x