BMKG: Sulawesi Selatan, Papua dan Sejumlah Provinsi Berpotensi Cuaca Ekstrem Hujan Lebat 3-9 November 2023

- 3 November 2023, 09:17 WIB
BMKG: Sulawesi Selatan, Papua dan Sejumlah Provinsi Berpotensi Cuaca Ekstrem Hujan Lebat 3-9 November 2023
BMKG: Sulawesi Selatan, Papua dan Sejumlah Provinsi Berpotensi Cuaca Ekstrem Hujan Lebat 3-9 November 2023 /
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan adanya potensi cuaca ekstrem hujan lebat dalam kurun 3-9 November 2023 di sejumlah provinsi, di antaranya Sulawesi Tengah, Papua dan Bangka Belitung.


Menurut laporan peringatan dini cuaca ekstrem yang dikeluarkan BMKG Kamis 2 November 2023, dalam kurun sepekan ke depan, hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kalimantan bagian tengah, Sulawesi bagian tengah, dan Papua.


Dalam laporan tersebut, BMKG menjelaskan bahwa sirkulasi siklonik terpantau berada di Selat Malaka, di Laut Natuna, di perairan utara Papua dan di Papua bagian selatan.

 

Baca Juga: 8 Bulan Abu-Abu, Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Siswi SMP di Jakarta Selatan Dilanjut, Oknum Pejabat Diperiks


Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di Selat Malaka bagian utara, dari Sumatera Utara hingga Semenanjung Malaysia, di Laut Cina Selatan, dari Kalimantan Barat bagian utara hingga Kalimantan Utara, di Papua Barat dan di Papua.


Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah pertemuan dan perlambatan angin tersebut.


Berdasarkan temuan tersebut, diperkirakan hujan sedang hingga lebat selama 7 hari ke depan berpotensi terjadi di provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.


Bagi masyarakat yang berdomisili di provinsi-provinsi tersebut agar waspada terhadap gejala cuaca ekstrem yang timbul berupa hujan lebat, hujan es, serta dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, dan jalan licin.


Berikut daftar wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem hujan lebat hingga sedang selama 7 hari ke depan, tepatnya pada kurun 3-9 November 2023. Perlu dicatat bahwa informasi ini bersifat prakiraan, sehingga cuaca yang timbul bisa saja berbeda.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x