BMKG: Awas Cuaca Ekstrem Hujan Deras di Gorontalo dan Maluku 7 Hari Kedepan, Berikut Daftar Provinsi Terdampak

- 21 November 2023, 08:23 WIB
BMKG: Awas Cuaca Ekstrem Hujan Deras di Gorontalo dan Maluku 7 Hari Kedepan, Berikut Daftar Provinsi Terdampak
BMKG: Awas Cuaca Ekstrem Hujan Deras di Gorontalo dan Maluku 7 Hari Kedepan, Berikut Daftar Provinsi Terdampak /Pexels/Dominika Roseclay/
 

 

Berita KBB - Peringatan dini cuaca ekstrem yang dirilis BMKG pada Senin 20 November 2023 mengungkap adanya potensi hujan sedang-deras di sebagian besar wilayah Indonesia selama sepekan ke depan.


Menurut laporan tersebut, kondisi cuaca ekstrem ini merupakan pengaruh sirkulasi siklonik di wilayah Laut Sulu dan Laut Natuna, yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin memanjang di Perairan sekitar Kalimantan Utara, sekitar Laut Sulu, Laut Cina Selatan, dan di sekitar Laut Natuna.


Sirkulasi siklonik ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah-wilayah tersebut.

 

Baca Juga: Jadwal Trans TV Selasa 21 November 2023 Tayang Film 1911 Revolution dan Detroit


Sementara di wilayah Indonesia, daerah pertemuan dan perlambatan lain terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, di Sumatera bagian selatan, di Kalimantan Selatan, di sekitar Laut Sulu, di Sulawesi bagian Tengah, dari Jawa Timur hingga Jawa Barat, dan di Papua bagian Tengah.


Selain itu, daerah pertemuan angin juga terpantau berada di Selat Karimata dan di Laut Halmahera. Peningkatan ketinggian gelombang dan pertumbuhan awan hujan berpotensi terjadi di sekitar daerah-daerah tersebut.


Berdasarkan temuan ini, BMKG memprediksi potensi hujan sedang-deras terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat.


Hujan sedang hingga deras juga diprediksi terjadi di Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x