Tari Rangkuk Alu di Google Doodle Hari Ini Senin 29 April 2024, Apa Penjelasannya?

- 29 April 2024, 09:39 WIB
Google Doodle menampilkan Tari Rangkuk Alu asal Indonesia.
Google Doodle menampilkan Tari Rangkuk Alu asal Indonesia. /Google
 

BERITA KBB- Ada yang cukup unik di google doodle hari ini, yakni menampilkan salah satu kesenian Indonesia, Tari Rangkuk Alu.

Tarian tradisional ini berasal dari Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang biasa dilakukan dalam permainan Alu Rangkuk.

Tentu ini sangat membanggakan Indonesia karena bisa mengenalkan kesenian dan budaya yang dimiliki Indonesia khususnya masyarakat NTT.
 
Baca Juga: Simak! Link Nonton dan Daftar Pemain FTV Abang Bajaj vs Neng Pecel, Berikut Jadwal SCTV Senin 29 April 2024

Adapun tarian Rangkuk Alu ini dimainkan dalam sebuah permainan, yang menggunakan beberapa bambu dan digerakkan secara kompak mengikuti irama musik yang dimainkan.

Tari Rangkuk Alu dapat dimainkan semua usia dari anak-anak hingga dewasa. Tarian tersebut perlu adanya fokus yang tinggi.

Karena apabila tidak fokus, langkah dalam pola tarian ini akan gagal dan pemain bisa saja terkena bambu yang digerakkan.

Tak hanya untuk melatih kekompakkan, ternyata adapula filosofi dari tarian atau permainan Rangkuk Alu ini yakni bentuk rasa syukur atas hasil panen yang diraih.
 
Baca Juga: Jadwal Mentari TV Selasa 30 April 2024, Bakal Ada Petualangan Kerajaan Dino Tayo Hingga Loopy Si Putri Masak

Karena bagi masyarakat NTT, tarian dan permaikan Rangkuk Alu ini dimainkan ketika perayaan musim panen pertanian dan perkebunan.

Agar tak penasaran mengenai Tarian Rangkuk Alu, Anda dapat mengklik video di bawah ini untuk mengetahui cara bermain Tarian Rangkuk Alu dilansir dari youtube Manggarai News.

https://youtu.be/g6JvME_qLcI?si=s0bTtOLy0x-qLdzJ.

Demikian informasi mengenai tari rangkuk alu di google doodle hari ini Senin 29  April 2024, apa penjelasannya.***
 
 

 

 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Google Doodle


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah