Info Cuaca BMKG: 2 Hari Ke Depan, Hujan Deras Guyur Sumatera Selatan, Sulawesi Barat dan Dua Pertiga Indonesia

- 21 November 2023, 06:30 WIB
Info Cuaca BMKG: 2 Hari Ke Depan, Hujan Deras Guyur Sumatera Selatan, Sulawesi Barat dan Dua Pertiga Indonesia
Info Cuaca BMKG: 2 Hari Ke Depan, Hujan Deras Guyur Sumatera Selatan, Sulawesi Barat dan Dua Pertiga Indonesia /Pixabay.com/
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis info cuaca Selasa-Rabu 21-22 November 2023, di mana hujan deras berpotensi mengguyur sebagian wilayah Indonesia dalam kurun 2 hari ke depan.


Dalam laporan peringatan dini cuaca yang dikeluarkan pada Senin 20 November 2023, BMKG menjelaskan bahwa prakiraan cuaca 2 hari ke depan ini didasarkan pantauan sirkulasi siklonik yang berada di Laut Cina Selatan barat laut Kalbar, serta di wilayah barat dan timur dari Filipina selatan.


Sistem ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di Laut Cina Selatan, di Selat Karimata, di Laut Natuna, dan di perairan sekitar Filipina bagian selatan, yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di wilayah tersebut. 

 

Baca Juga: Fenomena Langit Terjadi Malam Ini, Bulan dan Saturnus Berdekatan!


Sementara di wilayah Indonesia, daerah pertemuan dan perlambatan angin terpantau dari Pesisir Barat Sumut - Aceh, dari Bengkulu hingga Jambi, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Teluk Tomini, di Kepulauan Maluku, dan dari Papua bagian tengah hingga Papua Barat.


BMKG juga mendapati adanya daerah pertemuan angin di Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik Utara Malut, yang dapat membentuk awan hujan di wilayah-wilayah tersebut.


Untuk lebih jelasnya, berikut info cuaca BMKG Selasa-Rabu 21-22 November 2023. Data di bawah ini bersifat prakiraan, sehingga cuaca yang terjadi sesungguhnya bisa saja berbeda.


Info Cuaca BMKG Selasa 21 November 2023

Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah-wilayah berikut:

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x