Link Twibbon Hari Juang Kartika TNI AD Ke-78 Untuk Unggahan Media Sosial, Memperingati Pertempuran Ambarawa

- 15 Desember 2023, 08:18 WIB
Twibbon Hari Juang Kartika TNI AD yang bisa didownload gratis pada 15 Desember 2023.
Twibbon Hari Juang Kartika TNI AD yang bisa didownload gratis pada 15 Desember 2023. /Twibbonize
 

Berita KBB - Jumat 15 Desember 2023 diperingati sebagai Hari Juang Kartika TNI AD khususnya oleh insan militer angkatan darat Indonesia. Dahulu, hari besar nasional ini disebut dengan Hari Infanteri.


Berikut ini link twibbon Hari Juang Kartika TNI AD Ke-78 untuk memeriahkan momentum tersebut di jagad media sosial.


Sebelum mengunduh twibbon Hari Juang Kartika TNI AD Ke-78, mari simak sekilas tentang Pertempuran Ambarawa yang menjadi latar belakang hari besar nasional ini.

 

Baca Juga: Ammar Zoni Ditangkap Lagi, Sang Terduga Bandar Narkoba Kini Nyusul Pelanggannya


Dikutip dari berbagai sumber, Pertempuran Ambarawa yang terjadi pada 12-15 Desember 1945 merupakan konflik bersenjata antara Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang jadi cikal bakal TNI, melawan tentara Sekutu yang menduduki Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah.


Pasukan TKR di bawah Jenderal Soedirman berupaya mengepung dan mengusir tentara Sekutu dari Ambarawa secepat mungkin, demi mencegah musuh membangun basis di wilayah tersebut dan merebut Jawa Tengah.


Pertempuran Ambarawa berlangsung selama 4 hari 4 malam, dimulai dari pukul 04.30 WIB tanggal 12. TKR menggunakan strategi serangan dadakan di semua sektor untuk mengejutkan Sekutu.


Hasilnya, TKR menguasai jalan Ambarawa-Semarang dan mengepung pasukan Sekutu seluruhnya. Karena persediaan logistik dan senjata menipis, musuh pun tak punya pilihan selain mundur dari Ambarawa selagi melakukan aksi bumi hangus.


Namun begitu, pada tanggal 15 Desember pukul 17.30 WIB, TKR sukses merebut benteng milik Sekutu dan pertempuran Ambarawa dimenangkan secara gemilang oleh militer Republik.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Twibbonize


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x