35 Hari Jelang Pemilu 2024 Ratusan Kotak Suara dan Surat Suara Rusak, Bawaslu: Pengawasan Dihalang-Halangi

- 9 Januari 2024, 16:58 WIB
Berikut kabar Pemilu 2024, ratusan kotak suara dan surat suara ditemukan rusak, Bawaslu sebut pengawasan dihalang-halangi.
Berikut kabar Pemilu 2024, ratusan kotak suara dan surat suara ditemukan rusak, Bawaslu sebut pengawasan dihalang-halangi. /Foto : Antara/Hery Sidik

 

Berita KBB - Pemilu 2024 tinggal 35 hari lagi, dan distribusi logistik kembali bermasalah dengan ditemukannya kotak suara dan logistik lain yang rusak pada pendistribusian tahap I tanggal 13 September-11 November 2023.

 

Angoota Badan Pengawas Pemilu RI, Herwyn Malonda mengatakan, kotak suara rusak ditemukan di 177 Kabupaten Kota. Sementara bilik suara rusak ditemukan di 61 kabupaten kota.

 

"Bawaslu mencatat kotak suara rusak di 177 Kabupaten Kota (34,5 persen). Hasil pengawasan menemukan bilik suara rusak di 61 Kabupaten Kota (11,9 persen)," ungkap Herywn pada Senin 8 Januari 2024, seperti dikutip Berita KBB dari laman resmi Bawaslu RI.

Baca Juga: Aksi Tawuran Remaja di Gambir Jakarta Pusat, Polisi: Dua Kelompok Yang Terlibat Bukan Akamsi

Tidak hanya kerusakan kotak suara dan bilik suara, Herwyn mengaku pihaknya menemukan kesalahan tujuan distribusi logistik tahap I di 10 Kabupaten Kota. Menurutnya, hal ini terjadi karena Bawaslu kesulitan memaksimalkan pengawasan distribusi tersebut.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x