Produk nOPV2 Bio Farma Raih Prakualifikasi dari Organisasi Kesehatan Dunia

- 1 Februari 2024, 17:46 WIB
/istimewa/

BERITA KBB - Bio Farma, induk holding Biofarma Group memperoleh prakualifikasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk vaksin baru Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) pada bulan Desember 2023.

Sebelumnya, vaksin nOPV2 telah mendapatkan otorisasi untuk digunakan dalam kondisi darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) dan Emergency Use of Listing (EUL) dari World Health Organization (WHO) pada November 2020.

Bio Farma telah memasok vaksin polio atau Novel Oral Polio Vaccine type 2 (nOPV2) ke sejumlah negara di Afrika, Eropa, dan Timur Tengah, setelah mendapatkan kontrak permintaan dari UNICEF untuk tahun 2022 dan 2023.

Baca Juga: Erick Thohir Gandeng Biofarma Group untuk dorong Generasi Muda Kota Malang Pahami Literasi Digital

Direktur Utama Bio Farma Shadiq Akasya mengatakan bahwa Bio Farma berkomitmen untuk melindungi generasi bangsa dan dunia dari penyakit menular yang dapat dicegah seperti polio.

"Bio Farma berperan aktif dalam percepatan pengembangan dan produksi vaksin nOPV2, sebagai strategi end-game polio di dunia. Bio Farma sebagai produsen vaksin, telah memenuhi 70% kebutuhan vaksin polio dunia dengan tetap mengutamakan kebutuhan vaksin dalam negeri dan dengan masuknya produk vaksin nOPV2 sebagai salah satu vaksin yang lolos prakualifikasi, maka total produk vaksin Bio Farma yang sudah terdaftar di WHO sebanyak 16 produk," ujar Shadiq.

Shadiq mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pencapaian PQ nOPV2 ini karena proses untuk mendapatkannya tidaklah mudah.

Baca Juga: Hadirkan Solusi Digital dari Hulu ke Hilir, Biofarma Group Beberkan Inovasi Transformasi Digital di AIPF 2023

"Bio Farma sangat bersyukur dan berterima kasih atas upaya maksimal dari seluruh insan Bio Farma dan tentunya Badan POM sebagai salah satu lembaga pemerintah yang memiliki peran penting dalam pencapaian ini. Aspek penting dalam tahap prakualifikasi WHO antara lain komitmen manajemen, penerapan sistem manajemen mutu yang komprehensif, dan tingkat kematangan Badan POM" tambahnya.

Novel Oral Polio Vaccine type 2 (nOPV2) merupakan vaksin polio oral generasi terbaru pertama di dunia yang merupakan hasil riset Bio Farma. Dalam uji klinis, nOPV2 memberikan perlindungan yang sama terhadap virus polio tipe 2 dibandingkan dengan Sabin OPV, dengan keunggulan lebih stabil secara genetik, dan memiliki risiko yang lebih rendah untuk menghasilkan Circulating Vaccine-Derived Poliovirus (cVDPV), yaitu jenis virus polio yang telah termutasi dengan baik dari jenis yang awalnya terkandung dalam Oral Polio Vaccine (OPV).

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x