Heboh Rumor Anwar Usman Paman Cawapres Gibran Bakal Comeback Jadi Ketua MK, Berikut Klarifikasi Eks Ketua MKMK

- 21 Februari 2024, 14:00 WIB
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman /Tangkap Layar Instagram.com/@narasinewsroom

Berita KBB - Eks Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) Jimly Asshiddiqie menjawab tentang beredarnya kabar bahwa Anwar Usman, paman dari cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka, akan kembali menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi.

Dilansir PMJ News Rabu 21 Februari 2024, Jimly memastikan kabar kembalinya Anwar Usman paman cawapres Gibran menjadi Ketua MK adalah hoaks.

Jimly mengatakan, belum ada putusan pengadilan yang inkrah terkait dugaan pelanggaran etik yang dilakukan Anwar Usman paman Cawapres Gibran.

"Belum ada putusan dari pengadilan," kata Jimly, dikutip Berita KBB dari PMJ News pada Rabu.

Sebagai informasi, Jimly merupakan Ketua MKMK yang bertugas mengidentifikasi dugaan pelanggaran etik yang dilakukan Anwar Usman, paman cawapres nomor urut 02 Gibran.

Baca Juga: Profil Ketua MK Anwar Usman, Ipar Presiden Jokowi yang Tolak Penggugat UU Cipta Kerja

Jimly merupakan salah satu dari tiga orang yang ditunjuk MK dalam tim adhoc MKMK, yang dibentuk untuk mengusut laporan dugaan pelanggaran etik pascaputusan batasan usia calon presiden dan wakil presiden.

Menurutnya, saat ini belum ada keputusan tetap atau final yang diambil oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Jimly mengoreksi bahwa keputusan PTUN Jakarta yang inkrah, adalah terkait permohonan Anwar untuk membatalkan pengangkatan Suhartoyo sebagai Ketua MK yang baru.

Halaman:

Editor: Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x