Biografi Singkat 18 Pahlawan Nasional Asal Jawa Tengah yang Perlu Diketahui

- 7 November 2020, 09:51 WIB
Para pahlawan Indonesia
Para pahlawan Indonesia / Tangkapan layar youtube /JITV Pemda DIY

BERITA KBB – Peringatan Hari Pahlawan 10 November sejatinya dimaknai untuk meneladani dan melanjutkan perjuangan para pahlawan. Tentunya, kita harus mengenal para pahlawan tersebut, termasuk para pahlawan nasional asal Jawa Tengah.

Sebagaimana sejumlah daerah lainnya di Indonesia, Jawa Tengah pernah mengalami masa penjajahan Belanda.

Berkat perjuangan para pahlawan, akhirnya masyarakat Jawa Tengah bisa terbebas dari penjajahan tersebut. Untuk itulah, kita harus bisa menghargai jasa para pahlawan kita dengan meneladani semangat perjuangan mereka.

Baca Juga: Biografi Singkat Tole Iskandar, Pahlawan Asal Depok Jawa Barat, Penembak Pesawat Belanda

Di Jawa Tengah, ada sejumlah pahlawan yang dikenal, di antaranya Jenderal Soedirman, RA Kartini, Ciptomangunkusumo, dan Jenderal Gatot Subroto.

Berikut biografi singkat 18 pahlawan asal Jawa Tengah dikutip dari situs Sejarah Lengkap.

1. Jenderal Soedirman

Tokoh pahlawan yang lahir di Bodas, Karangjati, Rembang, Purbalingga pada 24 Januari 1916 ini sudah menjadi Jenderal pada usia 31 tahun. Walaupun menderita sakit paru – paru beliau tetap melanjutkan perjuangan bergerilya melawan Belanda.

Dulunya ia adalah seorang guru HIS di Cilacap dan aktif di kepanduan Hizbul Wathan, masuk PETA pada zaman Jepang dan setelahnya langsung menjadi Komandan Batalyon di Kroya. Ketika TKR terbentuk, ia menjadi panglima divisi V/ Banyumas dan terpilih menjadi Panglima Angkatan Perang RI sebagai panglima pertama dan jenderal termuda Indonesia. Jenderal Soedirman wafat pada 29 Januari 1950 di Magelang.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah