Puluhan Penghafal Alquran Setiap Tahun Dilahirkan dari SD Darul Hikam

- 12 Juni 2021, 21:08 WIB
Prosesi wisuda Tahfiz SD Darul Hikam secara virtual
Prosesi wisuda Tahfiz SD Darul Hikam secara virtual /

BERITA KBB - Meskipun pandemi hampir 1,5 tahun melanda Indonesia, SD Darul Hikam tetap konsisten melahirkan puluhan para penghafal Alquran cilik. Tahun ini, SD Darul Hikam mewisuda para hafiz dan hafizah cilik yang memotivasi dan menginspirasi masyarakat.

"Alhamdulillah hafiz/hafizah yang diwisuda tahun ini masih tinggi, tentu dengan dukungan orangtua, motivasi guru, dan semangat anak-anak untuk setor hafalan," tutur Kepala SD 1 Darul Hikam Wawat saat Wisuda Tahfiz secara virtual di Jalan Juanda No. 285, Kota Bandung, Sabtu, 12 Juni 2021.

Dia menjelaskan, Alquran adalah sumber segala ilmu pengetahuan. Diharapkan anak-anak istiqamah murajaahnya, hafalannya ditambah lagi, juga diharapkan pendampingan orangtua untuk menjaga hafalan putra-putrinya. Selain itu, dia berharap para wisudawan hafiz ini menjaga profil diri sebagai siswa berakhlak mulia dan berprestasi yang telah dibentuk selama bersekolah di SD Darul Hikam. 

Baca Juga: Hati-Hati Berita Hoaks Terkait Banpres UMKM dan BLT BPUM Tahap 3 Ini! Baca Sampai Akhir!

"Alhamdulillah persentase melanjutkan sebagian besar ke Darul Hikam lagi sehingga hafalan mereka akan terjaga, bahkan bertambah. Sebagian siswa yang melanjutkan ke sekolah negeri pun mudah diterima di sekolah negeri favorit dengan memakai jalur tahfiz," ucapnya.

Ketua Panitia Wisuda Tahfiz dan Penganugerahan Bintang Kecakapan Khusus Dewi Siti Aminah menambahkan, sebanyak 86 siswa yang lolos wisuda tahfiz dengan raihan hafalan tertinggi capaian dalam 1 tahun sebanyak 7 juz. Program ini berhasil atas tak terlepas dari semangat siswa, bimbingan guru, dan dukungan orangtua yang konsisten.

Dia menerangkan, metode hafalan Alquran yang digunakan adalah Program Tikrar, di mana anak-anak tidak merasa terbebani dalam menghafal. "Seolah menghafal tanpa dihafal karena proses pengulangan dengan tool yang memudahkan anak," ucapnya.

Baca Juga: Dul Jaelani Usulkan untuk Nikah Barengan dengan Al dan El, Maya Estianty Tegas: Jangan! Nanti Bisa Cerai

Menurut Dewi, guru juga terus memotivasi anak-anak untuk membangkitkan semangat melalui cerita dan tayangan video sahabat Rasulullah, pemahaman keutamaan Alquran, dan games. Selain hafalan rutin, ada juga kegiatan yang seru sehingga siswa semakin semangat menghafal Alquran.

"Di antaranya Alquran Camp yang digelar setahun dua kali, games, juga mengundang bintang tamu hafiz Alquran, seperti Musa dari Hafiz Cilik dan Kak Lulu, juri Hafiz Cilik," ungkap Dewi.***

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah