“Virtual Storytelling” Ala SD 1 Darul Hikam Bandung, Menstimulasi Budaya Literasi Sejak Dini

- 12 Agustus 2021, 09:44 WIB
Dengan gaya jenaka, pendongeng nasional Kak Danang menumbuhkan spirit Islam dan jiwa patriotisme siswa SD 1 Darul Hikam Bandung melalui virtual storytelling pada Selasa (8/10/2021).
Dengan gaya jenaka, pendongeng nasional Kak Danang menumbuhkan spirit Islam dan jiwa patriotisme siswa SD 1 Darul Hikam Bandung melalui virtual storytelling pada Selasa (8/10/2021). /ASEP BUDIMAN/BERITA KBB

BERITAKBB - SD 1 Darul Hikam Bandung memiliki segudang cara untuk membuat proses belajar siswa-siswinya lebih menyenangkan. Virtual storytelling adalah salah satu kegiatan interaktif SD Islam terbaik di Kota Bandung ini yang melibatkan seluruh siswa mulai dari kelas 1 hingga 6 yang belajar dari rumah.

Wakil Kepala SD 1 Darul Hikam, Tintin Sugianti menyebutkan, sekolah mengadakan virtual storytelling bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1443 Hijriah pada Selasa, 10 Agustus 2021. Tema yang diangkat adalah "Dengan Semangat Hijriah dan Proklamasi, Kita Atasi Covid-19 untuk Indonesia Sehat, Adil, dan Makmur".

"Tema tersebut diangkat dengan harapan agar Allah mengangkat Covid-19 dari bumi kita tercinta sehingga kita bisa beraktivitas normal seperti sedia kala," tutur Tintin di SD 1 Darul Hikam Bandung, Kamis (12/8/2021).

Baca Juga: Salut! Siswa SD 1 Darul Hikam Sisihkan Uang Jajan untuk Berkurban

Meskipun kegiatan berlangsung empat jam, ungkap Tintin, siswa tampak antusias dan tenggelam dalam dongeng islami yang menginspirasi. Hal itu tak terlepas dari peran Bunda Heni yang mampu mengikat emosional siswa kelas 1-3 ke dalam dongeng.

"Bunda Heni adalah salah satu juri tingkat nasional dan pernah menjadi pemenang lomba story telling level nasional," ucapnya.

Ratusan siswa antusias dan tenggelam dalam dongeng yang dibawakan oleh Bunda Heni pada virtual storytelling SD 1 Darul Hikam Bandung, Selasa (10/8/2021).
Ratusan siswa antusias dan tenggelam dalam dongeng yang dibawakan oleh Bunda Heni pada virtual storytelling SD 1 Darul Hikam Bandung, Selasa (10/8/2021). BERITA KBB

Kemudian, siswa kelas 4-6 mendapat suguhan dongeng seru dari seorang pendongeng nasional Danang Sriwijayanto. Kak Danang mampu membuat ratusan siswa terpukau dan takjub dengan kelucuan gaya mendongeng Kak Danang. Dengan gaya mendongeng yang jenaka, Kak Danang mampu menumbuhkan spirit Islam dan jiwa patriotisme siswa tentang makna kemerdekaan.

Menurut Tintin, pola pembelajaran mendongeng ini juga dalam rangka menstimulasi budaya literasi siswa sejak dini. Setelah kegiatan mendongeng, siswa kelas 1-3 mengikuti lomba tulisan bertema "Semangat Tahun Baru Islam". Mereka difoto dengan hasil karya dan dicantumkan pada twibbon yang disediakan.

Halaman:

Editor: Asep Budiman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x