Keren, Tingkatkan Kesadaran Anak Muda Tunaikan Wakaf Secara Daring dengan Platform Digital

- 25 Januari 2021, 17:47 WIB
Platform digital Waqf.Id yang memudahkan umat muslim menunaikan wakaf uang secara daring.
Platform digital Waqf.Id yang memudahkan umat muslim menunaikan wakaf uang secara daring. /Berita KBB/Pikiran-Rakyat.Com/Ade Bayu Indra

BERITA KBB - Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang, di Istana Negara, Jakarta, Senin 25 Januari 2021.

Pada peluncuran gerakan tersebut, Jokowi mengharapkan wakaf dapat memberikan dampak pada kesejahteraan dan pemberdayaan umat.

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam memasifkan Gerakan Nasional Wakaf Uang, Rumah Zakat meluncurkan waqf.id, sebuah platform yang memudahkan umat muslim menunaikan wakaf uang secara daring.

Baca Juga: V BTS Punya Kebiasaan Unik : Suga berkata 'Kebiasaan tidur V itu Luarbiasa'

Kehadirannya diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatan kesadaran berwakaf, terutama bagi generasi muda.

Menurut data Badan Wakaf Indonesia (BWI), wakaf uang yang terkumpul sampai tahun 2020 mencapai Rp391 miliar.

Padahal potensi wakaf per tahun mencapai Rp180 Triliun. Hal ini disebabkan oleh minimnya literasi, tata kelola, portofolio wakaf, hingga kemudahan cara berwakaf.

Baca Juga: 70 Ahli Waris Direkomendasikan Dapat Santunan Kematian Covid-19 oleh Dinsosnangkis

Padahal wakaf uang memiliki peran penting yakni dapat digunakan untuk pengolahan aset wakaf untuk kegiatan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan, membantu UMKM, hingga mengurangi belanja pemerintah.

“Kami berharap platform ini menjadi sarana yang memudahkan generasi muda dalam berwakaf secara online. Kami akan terus mengembangkan waqf.id ini sehingga dapat menjadi platform yang semakin mudah penggunaannya dan juga terjamin transparansi penggunaan dana wakafnya,” tutur CEO Rumah Zakat Nur Efendi.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x