Uu Ruzhanul Sebut Disdukcapil Punya Peran Penting dalam Pembangunan Jabar

- 1 Februari 2021, 17:37 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum saat menjadi pembina apel peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-4  Disdukcapil Jabar di Kantor Disdukcapil Jabar, Kota Bandung, Senin 1 Februari 2021
Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum saat menjadi pembina apel peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-4 Disdukcapil Jabar di Kantor Disdukcapil Jabar, Kota Bandung, Senin 1 Februari 2021 /Humas Jabar/

BERITA KBB - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Jabar memiliki peran penting dalam pembangunan Jabar.

Sebab, kata Uu, data kependudukan menjadi landasan bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar dalam mengambil kebijakan maupun keputusan. Maka, akurasi data kependudukan amat krusial dalam setiap proses pembangunan.

"Harapan kami, ada inovasi dan kolaborasi dengan lembaga lain, termasuk digitalisasi dalam peningkatan akurasi jumlah penduduk," kata Kang Uu saat menjadi pembina apel peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-4 Disdukcapil Jabar di Kantor Disdukcapil Jabar, Kota Bandung, Senin 1 Februari 2021.

Baca Juga: Alhamdulillah, Tingkat Keterisian Kamar Perawatan Covid-19 di Jabar Turun ke Angka 70 Persen

"Selain itu, juga harapan kami ada komunikasi yang akurat dengan dinas-dinas kependudukan yang ada di kabupaten/kota se-Jawa Barat," imbuhnya.

Selain itu, Uu pun mendukung target Disdukcapil Jabar untuk menaikkan status menjadi Dinas Tipe A. Menurutnya, tugas pokok dan fungsi Disdukcapil Jabar terlalu berat untuk dijalankan dengan status Dinas Tipe C.

"Saya setuju Disdukcapil Jabar dinaikan statusnya menjadi kelompok tipe A, karena memang sangat jelas banyak sekali tupoksinya," ucapnya.

Baca Juga: Pemprov Jabar Usul Kemenkes Persingkat Mekanisme Pelaporan

"Jumlah penduduk (Jabar) juga sangat banyak hampir mencapai 50 juta, itu kan salah satu kriteria salah satu poin untuk menaikkan status," tambahnya.

Hal senada dikatakan Kepala Disdukcapil Jabar Dady Iskandar. Menurutnya, tupoksi yang dibebankan kepada Disdukcapil terkait profil perkembangan kependudukan dirasa berat untuk dijalankan dengan Dinas Tipe C.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah