Baru 1 Persen Perusahaan di Jabar Libatkan Disabilitas jadi Pekerjanya, Pemprov Jabar Berikan Penghargaan

- 10 Februari 2022, 17:12 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum /

BERITA KBB - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar menargetkan penyerapan tenaga kerja disabilitas di atas 2% untuk tingkat Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Hal itu dikatakan Uu seusai memberikan penghargaan kepada PT Feng Tay Indonesia Enterprise yang sudah merekrut disabilitas, di Kabupaten Bandung, Kamis, 10 Februari 2022.

"Hingga saat ini, hanya 1% yang melibatkan mereka (disabilitas) sebagai pekerja," kata Uu. 

Baca Juga: Karya UMKM Disabilitas Ternate Tembus Mancanegara, Bantu Perekonomian Negara

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) Jawa Barat mencatat hingga saat ini baru 1% atau 50 perusahaan dari total 55 ribu perusahaan di Jabar yang melibatkan kaum disabilitas sebagai pekerja di perusahaan.

Uu berharap dengan diberikannya apresiasi terhadap pihak swasta maka akan mendorong perusahaan lain untuk merekrut disabilitas sebagai pekerja.

"Dengan diberikannya penghargaan ini mudah-mudahan bisa memicu kepada perusahaan lain untuk menerima disabilitas sebagai pekerja yang layak," ungkapnya. 

Baca Juga: Angkat Harkat dan Martabat, Disabilitas Harus Memiliki Hak Pendidikan yang Sama

Wagub Jabar menjelaskan penghargaan tersebut diberikan kepada perusahaan yang sudah melaksanakan amanah Undang-undang tentang disabilitas yang menyatakan bahwa 1% dari 18 ribu melaksanakan UU Disabilitas.

Saat ini, Pemprov Jabar setiap tahun menghadapi permasalahan angka pengangguran yang tinggi. "Siapa pun kepemimpinannya pasti dihadapkan dengan berbagai permasalahannya seperti kemiskinan dan pengangguran,"imbuhnya

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah