Atasi Banjir, Pemkot Bandung Gandeng Pussenkav TNI AD Hadirkan Kolam Retensi

- 22 Februari 2022, 21:21 WIB
Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pada acara Macul Perdana Kolam Retensi di Pussenkav TNI AD, Senin 21 Februari 2022.
Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pada acara Macul Perdana Kolam Retensi di Pussenkav TNI AD, Senin 21 Februari 2022. /Humas Kota Bandung/

BERITA KBB - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Pussenkav) TNI AD berkolaborasi atasi banjir di Kota Bandung. Keduanya sepakat untuk membangun kolam retensi yang dapat menampung air untuk kawasan Turangga Kota Bandung.

Lahan kolam retensi terletak di Markas Pussenkav seluas 1.500 meter persegi. Tak hanya kolam retensi saja, rencana pembangunan ditargetkan selesai 3 bulan itu akan hadir juga ruang publik.

"Alhamdulillah hari ini prosesnya. Kita canangkan bersama lewat kolaborasi dengan TNI. Kami siapkan tenaga dan teknologinya untuk pembuatan kolam retensi, TNI menyediakan lahannya," kata Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pada acara Macul Perdana Kolam Retensi di Pussenkav TNI AD, Senin 21 Februari 2022.

Baca Juga: Rp1,5 M Disalurkan Pemprov Jabar untuk Rehabilitasi Rumah Korban Banjir Sukabumi

Secara simbolis, Yana dan Wakil Komandan Pussenkav mengeruk tanah menggunakan eskavator sebagai tenda awal pembangunan kolam retensi.

Yana meyakini, kolam retensi dapat mengatasi masalah banjir di Kota Bandung.

"Ini untuk mengatasi masalah banjir di sekitar wilayah, termasuk pengelola sampah," tutur Yana.

Baca Juga: Banjir di Kabupaten Bogor, Rendam 3.200 Rumah

Hadirnya kolam retensi, lanjut Yana, juga bisa dimanfaatkan untuk ketahanan pangan juga seperti budi daya ikan.

"Juga pengolahan sampah menjadi kompos atau pakan ternak metode magot. Ekosistem penyelesaian masalah Banjitr yang tentunya berwawasan lingkungan, " tuturnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x