Peringati Hari Air Sedunia, Ono Ajak Masyarakat Ubah Sungai Jadi Halaman Asri dan Indah

- 23 Maret 2022, 18:20 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono melihat kondisi Sungai Cikapundung, Rabu, 23 Maret 2022
Anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono melihat kondisi Sungai Cikapundung, Rabu, 23 Maret 2022 /Istimewa/

BERITA KBB - Pemanfaatan limbah dan menjaga kebersihan aliran sungai menjadi fokus utama anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono.

Pada momen Hari Air Sedunia, Ono mendatangi Sungai Cikapundung untuk melihat keadaan aliran sungai yang ada di Kota Bandung.

"Sungai Cikapundung ini kan sebenarnya alirannya dari DAS Citarum, kalau dibilang bersih 100 persen, ya tentu saja belum. Tapi saya apresiasi karena saat ini masyarakat sudah secara swadaya konsisten menjaga dan membersihkan Sungai Cikapundung," ujarnya, di bantaran Sungai Cikapundung, Kota Bandung, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga: Peringati Hari Air Sedunia, Pemprov Jabar Tegaskan Komitmen Pembangunan Berkeseimbangan

Ia mengakui, jika kesadaran masyarakat secara umum di Kota Bandung belum maksimal untuk menjaga kebersihan sungai. Hal ini, kata Ono, berkaitan dengan tata kota yang masih menjadikan sungai sebagai halaman belakang rumah, sehingga dengan sembarangan membuang sampah dan limbah.

"Kita butuh kesadaran dari masyarakat juga sebenarnya dengan mengubah sungai sebagai halaman depan yang bersih, asri dan jernih, cita-cita sih bisa seperti air di pegunungan yang jernih banget jadi ikan-ikannya juga kelihatan," ucap Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Barat.

Selain itu, Ono berharap Sungai Cikapundung bisa menjadi menarik masyarakat luar Kota Bandung sehingga menjadikan destinasi wisata yang ikonik nantinya.

Baca Juga: Minum Air Galon Isi Ulang Saat Hamil Sebabkan Autisme, Ini Kata Pakar Mengenai Rumor Tersebut

"Kenapa saya datang ke sini karena memang berhubungan dengan lingkup tugas Komisi IV DPR RI berhubungan dengan bidang pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, serta kelautan. Terkait sungai ada dua dirjen yang berhubungan langsung. Pertama, Dirjen DAS daerah aliran sungai Cikapundung ini merupakan anak sungai dari Citarum, dimana mempunyai program bagaimana pengendandalian DAS termasuk permasalahan sungainya," jelasnya.

Kedua, lanjut Ono, Direktorat Jenderal Pengendalian Sampah dan Limbah, sehingga terkait dengan penanganan sampah yang sudah dilakukan masyarakat oleh komunitas, aktivis sungai harus diselaraskan dengan dan koordinasikan dengan program-program.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x