Panen Raya, Momentum Positif Ketahanan Pangan Kota Bandung

- 18 Mei 2022, 08:19 WIB
Panen raya padi yang berlangsung di Kelurahan Derwati Kecamatan Rancasari Kota Bandung, Selasa, 17 Mei 2022.
Panen raya padi yang berlangsung di Kelurahan Derwati Kecamatan Rancasari Kota Bandung, Selasa, 17 Mei 2022. /Humas Kota Bandung/

BERITA KBB - Ada kabar gembira bagi masyarakat Kota Bandung. Pada Selasa, 17 Mei 2022, ada panen raya padi yang berlangsung di Kelurahan Derwati Kecamatan Rancasari Kota Bandung.

Panen raya padi ini menghasilkan sekitar 8 ton padi. Angka tersebut naik dari kisaran 6-7 ton padi yang biasa dipanen.

Menggembirakannya lagi, panen raya yang menerapkan pendekatan (treatment) IP400 ini meningkatkan produksi panen. Jadi, apabila pada biasanya sebuah lahan pertanian hanya bisa ditanam dan dipanen tiga kali dalam setahun, dengan pendekatan ini, para petani bisa menanam dan memanen hingga empat kali.

Baca Juga: Disdagin Bandung Pesan 10 Ton Daging Sapi Amankan Stok Pangan Jelang Ramadhan

Asisten Daerah I Bidang Perekonomian Kota Bandung, Eric M. Attauriq menyambut positif panen raya ini. Ini bisa menjadi momentum terwujudnya ketahanan pangan di Kota Bandung.

“Hari ini menjadi hari bersejarah. Di tengah bangunan tinggi dan aspal beton, Kota Bandung bisa menggelar panen raya padi,” ucap Eric, Selasa 17 Mei 2022.

Berkaca pada keterbatasan lahan pertanian, Pemkot Bandung sebelumnya pernah menggalakan konsep mandiri pangan melalui Urban Farming dan Buruan Sae.

Baca Juga: Doni Salmanan Panen Hujatan di Instagram, Nitizen: Bukan Real Orang Kaya!

“Dengan Buruan Sae yang terintegerasi serta gerakan Kang Pisman, kami coba menciptakan kemampuan sendiri untuk memenuhi konsumsi keluarga,” terang Eric.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x