Dari Udjo Ngalagena Hingga National Mall Washington, Bandung Deklarasikan Sebagai Kota Angklung

- 19 Mei 2022, 23:41 WIB
Sejumlah anak bermain angklung di Saung Angklung Udjo
Sejumlah anak bermain angklung di Saung Angklung Udjo /Humas Kota Bandung/

BERITA KBB - Kota Bandung akan mendeklarasikan diri sebagai Kota Angklung. di Plaza Balai Kota Bandung, Sabtu 21 Mei 2022 mendatang.

Deklarasi ini merupakan hal tepat. Meski angklung dikenal sebagai alat musik tradisional Jawa Barat, tetapi angklung besar dan berkembang di Kota Bandung.

Hal itu juga karena tak lepas dari peranan Udjo Ngalagena. Ya, Udjo Ngalagena adalah pendiri Saung Angklung Udjo yang terletak di Jalan Padasuka Pasirlayung Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

Baca Juga: Bandung Kota Angklung, Ini Sejarah Singkat dan Jenisnya

Saung ini telah menjadi salah satu destinasi wisata utama di Kota Bandung. Saung Angklung Udjo adalah suatu tempat yang merupakan tempat pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bambu, dan workshop instrumen musik dari bambu.

Lebih dari itu, Saung Angklung Udjo mempunyai tujuan sebagai laboratorium kependidikan dan pusat belajar untuk memelihara kebudayaan Sunda dan khususnya angklung.

Saung didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati. Tujuan awalnya ingin melestarikan dan memelihara seni dan kebudayaan tradisional Sunda.

Baca Juga: Bandung Layak Jadi Kota Angklung, Ini Indikatornya

Udjo Ngalegana, seorang pengrajin tradisional, membangun tempat itu pada tahun 1966 sebagai sarana untuk memberi kembali kepada masyarakat.

Dengan suasana tempat yang segar udaranya dan dikelilingi oleh pohon-pohon bambu, dari kerajinan bambu dan interior bambu sampai alat musik bambu.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x