Berdayakan Desa, Pemprov Jabar Hadirkan Website Pahlawan Desa

- 13 Juli 2022, 09:09 WIB
Warga kampung Cihonje, Desa Sukajadi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung bersama petugas rumah Qurban saat mengurus hewan kurban yang disalurkan bagi warga sekitar, Selasa 12 Juli 2022.
Warga kampung Cihonje, Desa Sukajadi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung bersama petugas rumah Qurban saat mengurus hewan kurban yang disalurkan bagi warga sekitar, Selasa 12 Juli 2022. /Rustandi/Jurnal Soreang

BERITA KBB - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dalam memfasilitasi Badan Usaha Milik Desa ataupun BUMDes Bersama di wilayah Jabar untuk memperluas akses pasar  telah membentuk website Pahlawan Desa.

Website Pahlawan Desa (https://pahlawandesa.id/) merupakan hasil kolaborasi antara Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Jabar, _University of Twente_ dari Belanda, serta perusahaan IT Indonesia, PT Kognitif Skema Indonesia.

Website tersebut adalah sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai media transaksi bertemunya broker, badan usaha sebagai pengumpul produk dari beberapa penjual (produsen produk) yang terkoneksi dengan platform pihak ketiga seperti _marketplace_, aplikasi pembiayaan usaha dan sebagainya.

Baca Juga: Daftar Pemain FTV Tabir Misteri Desa Terpencil, Ada Lavicky Nicholas dan Indah Nic

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah mengemukakan,
sosialisasi terkait website Pahlawan Desa kepada BUMDes telah dilakukan, termasuk bimbingan telnis.

"Sebagai upaya sosialisasi dan mendukung penggunaan website Pahlawan Desa telah diberikan bimbingan teknis kepada BUMDes," kata Ika Mardiah di Kota Bandung, Senin (11/7/2022).

Kegiatan bimbingan teknis dilakukan oleh Pemda Provinsi Jabar melalui Jabar Digital Service (JDS) secara online di Bandung, tanggal  7 Juli 2022.

Baca Juga: Daftar Pemain dan Sinopsis FTV 'Tabir Misteri Desa Terpencil', Ada Lavicky Nicholas dan Indah Nicole

Dalam kegiatan dengan tema “Menuju Implementasi _West Java Rural Platform_ (Website Pahlawan Desa) untuk Optimalisasi Produktivitas dan Daya Saing Ekonomi BUMDes di Jawa Barat” itu diikuti 55 BUMDes dari 18 kabupaten di Jabar.

Pengelola BUMDes didampingi dalam pembuatan akun dan pengelolaan pesanan di website Pahlawan Desa.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah