Aplikasi e- Penting Permudah Tata Kelola Data Stunting

- 20 Oktober 2022, 16:34 WIB
Ketua TP PKK Kota Bandung, Yunimar Mulyana di Hotel GH Universal, Kamis 20 Oktober 2022.
Ketua TP PKK Kota Bandung, Yunimar Mulyana di Hotel GH Universal, Kamis 20 Oktober 2022. /Adpim Kota Bandung/

BERITA KBB - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan aplikasi e-Penting (Elektronik Pencatatan Stunting) sebagai media untuk mempermudah pendataan stunting. 

Hadirnya aplikasi tersebut, sesuai dengan pelaksaan konvergensi percepatan penurunan stunting pada aksi enam yaitu sistem manajemen data dan menjawab tantangan atas permasalahan data stunting. 

Atas hal itu, Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Bandung telah menciptakan sebuah aplikasi yaitu e-Penting (elektronik Pencatatan stunting) yang dalam aplikasi itu memuat soal, SOP data stunting, integrasi data, cleansing data dan verifikasi, transformasi data menjadi digital. 

Baca Juga: Sinopsis Bintang Samudera Kamis 20 Oktober 2022: Nagita Selidiki Air Sungai, Ditangkap Bos Harun

Tak hanya itu, aplikasi e-Penting pun sebagai media publikasi data satu pintu, tools analisis data untuk memudahkan penentuan kebijakan secara efektif dan efisien. 

"Aplikasi ini diharapakan mampu mewujudkan tata kelola data stunting dari mulai perencanaan, pengumpulan data, analisis kebijakan, publikasi dan sosialisasi sampai monitoring dan evaluasi," beber Ketua TP PKK Kota Bandung, Yunimar Mulyana di Hotel GH Universal, Kamis 20 Oktober 2022. 

Ia berharap, aplikasi itu dimanfaatkan sebaik mungkin mulai dari tingkat posyandu oleh para kader hingga tingkat kelurahan, kecamatan dan para pimpinan kepala perangkat daerah. 

Baca Juga: Wow, Ada 4.000 Loker di Job Fair Disnaker Kota Bandung

"Ini sebagai dasar analisis penyusunan rencana pelaksanaan percepatan penurunan stunting," tutur Yunimar. 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah