Lewat CSR, Pemkot Bandung Bakal Fasilitasi Ambulans Baznas

- 20 Oktober 2023, 14:37 WIB
Lewat CSR, Pemkot Bandung Bakal Fasilitasi Ambulans Baznas
Lewat CSR, Pemkot Bandung Bakal Fasilitasi Ambulans Baznas /Istimewa /

BERITA KBB - Kebutuhan layanan kedaruratan di Kota Bandung masih tinggi. Hal tersebut disampaikan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung, Akhmad Roziqin di Pendopo Kota Bandung, Jumat 20 Oktober 2023.

"Ada beberapa program yang tidak berjalan lancar karena keterbatasan kami. Salah satunya mobil ambulans untuk penyaluran bantuan kedaruratan. Padahal ini kebutuhannya cukup tinggi di masyarakat," ungkap Akhmad.

Baznas Kota Bandung telah cukup berdedikasi dalam membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk membantu kesejahteraan masyarakat. Penghimpunan Baznas Kota Bandung pada tahun 2022 mencapai Rp29 miliar. Sedangkan pada semester 1 tahun 2023 baru mencapai Rp12,8 miliar.

Baca Juga: Bertambah Satu Lagi, Kolam Retensi di Kecamatan Rancasari Siap Diresmikan

"Tahun 2022, muzaki atau donatur di Kota Bandung mencapai 9.080 orang. Pada semester 1 tahun 2023 naik 9.662 orang. UPZ ada di tiap OPD ditambah kecamatan terintegrasi dengan tokoh masyarakat. Kami optimis penghimpunan tahun ini Insyaallah akan lebih banyak daripada tahun lalu," tuturnya.

Ia menyebutkan, dari penghimpunan zakat, infak, dan sedekah (ZIS), Baznas telah menyampaikan kepada warga Kota Bandung yang berhak menerima. Penyaluran ZIS disampaikan melalui 5 program yakni Bandung Makmur, Bandung Cerdas, Bandung Sehat, Bandung Peduli, dan Bandung Taqwa.

Bandung Makmur ditujukan untuk bantuan ekonomi, seperti kursus menjahit, desain grafis, modal untuk menjual ayam goreng, bantuan bagi pengrajin angklung, dan UKM di Jalan Malabar.

Baca Juga: 2 Terduga Teroris Dibekuk Densus 88 Antiteror Polri di Lombok NTB, Penangkapan Ketiga Sejak Rabu

"Total penerima manfaat ekonomi tahun 2022 sebanyak 1.881 orang. Dana yang disalurkan Rp3,6 miliar. Sedangkan pada semester 1 tahun 2023 ada 1.848 orang penerima manfaat dengan total dana yang disalurkan sebesar Rp537 juta," paparnya.

Kemudian, Bandung Cerdas merupakan program bantuan pendidikan, seperti membantu tunggakan SPP, ijazah yang ditahan, alat sekolah, dan beasiswa S1. 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah