Ono Surono Sebut Butuh Political Will Tuntaskan Persoalan Dasar Rakyat

- 22 Januari 2024, 09:17 WIB
Suasana nobar Debat Cawapres di Tegallega, Minggu, 21 Januari 2024.
Suasana nobar Debat Cawapres di Tegallega, Minggu, 21 Januari 2024. /Istimewa/

BERITA KBB - Komisi Pemilihan Umum menggelar debat keempat Pemilihan Presiden yang mempertemukan tiga calon wakil presiden di Jakarta Convention Center, Minggu (21/1/2024).

Debat kali ini mengambil tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

“Tema debat kali ini terkait dengan pangan, sumber daya alam, energi, agraria, dan lainnya, yang merupakan persoalan dasar masyarakat yang hingga saat ini masih ada permasalahan yang belum terselesaikan,” ujar Ketua Tim Pemenangan Daerah Ganjar Pranowo-Mahfud MD Jawa Barat Ono Surono, di sela nonton bareng debat cawapres di Lapang Tegalega, Kota Bandung.

Baca Juga: Ada Debat Cawapres 2024 Kedua, Magic 5 Tayang Jam Berapa? Cek Jadwal Indosiar Minggu 21 Januari 2024 Berikut

Ono mencontohkan persoalan mengenai pangan yang masih mengandalkan impor termasuk beras.

Selain itu, dirinya mengungkap, jika alokasi pupuk subsidi dikurangi tiap tahun yang membuat komoditas itu sulit diperoleh oleh petani.

“Terkait reforma agraria, memang saat ini pemerintah memiliki program memberikan lahan-lahan kepada rakyat, petani yang berasal dari kawasan yang dikelola oleh Perhutani. Tapi saya melihat masih banyak petani yang belum mendapatkan itu. Dan per hari ini, rata-rata kepemilikan lahan oleh petani itu hanya 0,2-0,5 hektar, sedangkan pengusaha sawit, pengusaha kebun bisa menguasai hingga ratusan ribu hektar walaupun dalam bentuk HGU,” paparnya.

Baca Juga: Rating Acara TV Minggu 7 Januari 2024: Keajaiban Debat Capres, Dia Yang Kau Pilih SCTV Terlontar Ke Papan Ata

Berdasarkan apa yang dijawab oleh calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD dalam debat hari ini, harus ada perbaikan data guna menuntaskan persoalan tersebut.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x