Pemkot Bandung Ajak Perguruan Tinggi Ikut Andil Tangani Sampah

- 2 Maret 2024, 23:25 WIB
kegiatan Talk Show Kang Pisman bersama perguruan tinggi di Kampus Universitas Khatolik Parahyangan, Jumat 1 Maret 2024.
kegiatan Talk Show Kang Pisman bersama perguruan tinggi di Kampus Universitas Khatolik Parahyangan, Jumat 1 Maret 2024. /istimewa/

BERITA KBB - Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengajak kepada unsur pendidikan khususnya perguruan tinggi untuk berperan dalam menangani sampah di Kota Bandung.

Hal itu ia sampaikan pada kegiatan Talk Show Kang Pisman bersama perguruan tinggi di Kampus Universitas Khatolik Parahyangan, Jumat 1 Maret 2024.

"Sampah semua bisa ditangai mandiri kalau semua kampus di Bandung bergerak. Jika semua itu selesai, maka kita tidak akan lagi menarik retribusi sampah," tegas Ema.

Baca Juga: Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2024, Super Indo Kenalkan Konsep Supermarket Ramah Sampah

Ema meyakini kluster pendidikan mampu bergerak cepat dengan berbagai metode. Bahkan sebagai wadah pendidikan tertinggi mampu dikolaborasikan dengan berbagai teori.

"Kami ingin melaporkan berbagai 'success story' dan mengajak seluruh kampus di Kota Bandung bisa menjadi pelopor dan contoh apapun. Hal ini untuk membangun paradigma terbaru," ungkapnya.

Ia mengapresiasi Unpar yang telah menangani sampah secara mandiri. Hasilnya biaya retribusi sampah yang tinggi menjadi menurun. Karena mindset warga kampus saat ini terus tersadar akan manfaatnya sampah menjadi nilai rupiah.

Baca Juga: Optimalkan Pengelolaan Sampah, Kelurahan Cipadung Punya Sesah Hilapna

"Pastinya kalau mampu menangani sampah mulai sumbernya pasti berkurang biaya retribusi ke pemerintah. Kita harap semua kluster baik pendidikan, kesehatan, toko ritel dan modern hingga kluster lainnya mampu menekan angka retribusi, baiknya sudah tidak lagi membayar," ujarnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah