Optimalkan Pengelolaan Sampah, Kelurahan Cipadung Punya Sesah Hilapna

- 24 Februari 2024, 19:51 WIB
Lurah Cipadung, Lukman Ependi
Lurah Cipadung, Lukman Ependi /istimewa/

BERITA KBB - Sebagai optimalisasi pengelolaan sampah di wilayah, setiap kecamatan dan kelurahan terus berinovasi untuk meminimalisir produksi sampah yang dibuang.

Salah satunya Kelurahan Cipadung yang memiliki program unggulan yaitu Cipadung Sesah Hilapna. Kegiatan tersebut memiliki singkatan Sedekah Sampah Hadirkan Lingkungan Pemukiman Nyaman dan Asri.

"Kita gulirkan program Cipadung Sesah Hilapna. Jadi diharapkan mulai memilah sampah, organik yang basah ke saung maggot. Kalau sampah organik kering ke Kang Empos dan sampah non organik disedekahkan kepada pemulung atau pengepul melalui Tim Gorber dijual," beber Lurah Cipadung, Lukman Ependi pada Kegiatan Podcast Bersama Humas Bandung.

Baca Juga: Melalui Research Project, Pelajar SMA Mutiara Bunda Berhasil Temukan Solusi Mengurangi Limbah Sampah Plastik

Soal saung maggot, Lukman mengatakan, telah memulainya sejak tahun 2018.

"Cipadung punya saung maggot, sejak tahun 2018. Ada penggiat maggot di RW 04 meskipun secara individual. Ini sudah berjalan lama dan melibatkan warga untuk sedekah sampah ke penggiat maggot itu," ungkapnya.

Ia mengatakan, hingga saat ini saung maggot masih berjalan optimal dalam pengelolaan sampah.

Baca Juga: Tim Masyarakat Perbanusa Sebut Limbah Sampah Masih Jadi Permasalahan di Masyarakat

"Alhamdulilah itu masih berjalan, kemudian bertambah tahun ini dukungan dari Pemkot Bandung dibangun hangar maggot seluas 100 meter persegi," tuturnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x