DBD Mengganas di Cimahi, Masyarakat Diminta Awasi Tempat Bersarang Favorit Nyamuk Aedes Aegypti yang Satu Ini

- 25 Maret 2024, 10:04 WIB
ILUSTRASI: Tips Cegah Nyamuk Masuk Rumah, dan Rekomendasi Alat Perangkap Nyamuk Terbaik
ILUSTRASI: Tips Cegah Nyamuk Masuk Rumah, dan Rekomendasi Alat Perangkap Nyamuk Terbaik /PEXELS

Berita KBB - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mengimbau warga untuk rutin melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Hal ini dilakukan untuk mencegah tumbuhnya nyamuk Aedes aegypti pembawa penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Dinkes Kota Cimahi Mulyati mengatakan, kasus DBD di Kota Cimahi pada awal tahun ini mengalami peningkatan. Tercatat ada 265 kasus yang tercatat di beberapa rumah sakit di Kota Cimahi.

Maka dari itu, dirinya mengimbau masyarakat Kota Cimahi untuk melakukan 3M dan PSN untuk membasmi penyebaran DBD.

"Saya titip, imbau kepada masyarakat lakukan 3M itu, kemudian PSN," ujar Mulyati, dikutip Berita KBB dari laman Pemkot Cimahi pada Senin 25 Maret 2024.

Ia mengungkapkan, penyebab meningkatnya kasus demam berdarah pada awal Januari tahun ini adalah curah hujan yang tidak menentu menyebabkan banyak genangan air. Genangan ini menjadi tempat berkembangnya jentik nyamuk Aedes aegypti.

Baca Juga: Bey Machmudin Instruksikan Rumah Sakit Antisipasi Peningkatan Kasus DBD

"Hal ini karena curah hujan tidak menentu, sehingga bisa meninggalkan genangan yang dipakai sebagai tempat sarang nyamuk," kata Mulyati.

Mulyati juga meminta masyarakat untuk melakukan 3M, yakni menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan menimbun barang-barang bekas yang dapat menjadi tempat genangan air.

Ia juga meminta jika masyarakat mengalami demam, khususnya anak-anak, agar segera berobat ke fasilitas kesehatan (fasyankes). "Saya juga titip pesan kalau ada anak yang memiliki gejala panas segera bawa ke fasyankes," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Sumber: Pemkot Cimahi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x