Upaya Pelestarian Kolaboratif: BPK IX Gelar Kegiatan Bertajuk Jejak Budaya Citarum

- 28 Mei 2024, 16:44 WIB
Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah IX (BPK IX) menggelar kegiatan pelestarian budaya bertajuk 'Sungai Jejak Budaya Citarum' dengan mengambil objek Sungai Citarum yang merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat.
Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah IX (BPK IX) menggelar kegiatan pelestarian budaya bertajuk 'Sungai Jejak Budaya Citarum' dengan mengambil objek Sungai Citarum yang merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat. /istimewa/

BERITA KBB - Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah IX (BPK IX) menggelar kegiatan pelestarian budaya bertajuk 'Sungai Jejak Budaya Citarum' dengan mengambil objek Sungai Citarum yang merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat.

Dimana Sungai Citarum telah 'mengalirkan' kebudayaan besar yang menjadi tonggak lahirnya peradaban di Jawa Barat.

Sungai Citarum yang telah mengalami sejarah budaya panjang, hal inilah yang dipandang oleh BPK IX, sebagai sebuah ekosistem kebudayaan yang unik dan wajib dilestarikan. Pada tahun 2024, BPK IX sebagai unit pelaksana teknis bidang pelestarian kebudayaan di Jawa Barat di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, mencoba pendekatan baru dalam strategi pelestarian budaya, baik budaya masa lalu melalui cagar budaya, maupun budaya yang masih berlanjut lewat obyek pemajuan kebudayaan.

Baca Juga: Buku Citarum Harum Diluncurkan di World Water Forum, Jadi Sumber Inspirasi Generasi Mendatang

Pendekatan yang dilakukan oleh BPK IX yaitu memantik adanya suatu kegiatan yang dapat menggambarkan ekosistem budaya di Sungai Citarum, yakni kegiatan Jejak Budaya Citarum yang diisi oleh rangkaian acara.

Kegiatan pertama yaitu mengangkat Film dokumenter yang menggambarkan tinggalan budaya yang berada di aliran Sungai Citarum, penayangan perdana film dokumenter ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2024 di Kompleks Museum Batujaya Karawang, bersamaan dengan pembukaan Festival Simfoni Citarum.

Kegiatan kedua yaitu kegiatan Cerita Citarum kali ini, dimaksudkan sebagai sebuah catatan perjalanan dalam bentuk cerita, dimana kegiatan ini merupakan sebuah Ekspedisi Penelusuran', yakni perjalanan menyusuri tinggalan budaya, sehingga membentuk budaya yang ada saat ini.

Baca Juga: Jabar - Pemerintah Pusat Tandatangani Komitmen Pengelolaan Sampah Citarum

Dalam bagian ini, mereka yang terlibat akan berkontribusi untuk mempublikasikan budaya kepada masyarakat umum.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah