Kemarau, Peternak Lembang Kesulitan Rumput Segar

- 5 Agustus 2021, 05:45 WIB
Peternak mencari rumput segar di Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Peternak mencari rumput segar di Lembang, Kabupaten Bandung Barat /BeritaKBB/Ade Bayu Indra/

BERITA KBB -  Beternak masih menjadi salah satu bidang profesi yang dilakoni warga Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Selain sapi, warga pin beternak domba untuk dijadikan ladang mencari rejeki. 

Namun, makin minimnya lahan untuk mendapatkan pakan ternak segar berupa rumput kini menjadi kendala yang harus dihadapi oleh para peternak.

Padahal pakan untuk ternak adalah hal yang penting untuk disediakan, karena hewan ternak layaknya manusia butuh asupan makanan setiap hari.

Baca Juga: Program Magang Ternak Puyuh Dorong Petani Milenial Mandiri dan Profesional

Menurut salah seorang peternak domba, Rezkha (25), makin sulitnya mencari rumput segar disebabkan beberapa faktor. 

"Faktor yang menjadi penyebab sulitnya mendapatkan rumput segar adalah hujan yang sudah lama tidak mengguyur Lembang, jadi rumput segar makin jarang ditemukan", katanya. 

Selain itu, Rezkha mengaku bahwa meskipun ada lahan dia harus "berebut" dengan peternak lain di hamparan lahan yang sama. 

Baca Juga: Petani Milenial Sektor Peternakan Mulai Budidaya Burung Puyuh

Namun Rezkha mengaku untuk memberi pakan sapi tidak terlalu menemui banyak kendala, karena masih banyak pengganti pakan segar berupa jerami, ubi jalar, dedak dan yang lainnya.

Untuk domba bisa menggunakan pakan fermentasi, namun menurutnya tidak semua peternak sudah mendapat edukasi tentang pakan fetemntasi tersebut.***

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x