Wow! Pemkab Bandung Barat Butuh Dana Segini untuk Rehab Ratusan Ruang Kelas

- 6 September 2022, 21:04 WIB
Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan.
Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan. /Antara/Rosa Panggabean/

 

Berita KBB - Pemkab Bandung Barat membutuhkan anggaran Rp 54 miliar untuk merehabilitasi ratusan ruang kelas Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang mengalami kerusakan.

Sebelumnya Berdasarkan data Data Pokok Pendidikan (Dapodik), total ada 598 ruang kelas SD di Bandung Barat. Rinciannya, sebanyak 411 rusak ringan, 170 rusak sedang, dan 17 rusak berat.

Kepala Bidang SD, Dinas Pendidikan KBB, Dadang A. Supardan mengungkapkan, dari total kebutuhan Rp 54 miliar, tahun ini pihaknga baru mampu menanggarkan sekitar Rp 11 miliar untuk merehabilitas sekolah yang rusak. Jumlah itu tentunya masih kurang dan tidak dapat mengcover perbaikan seluruh kelas rusak.

Baca Juga: Lirik Lagu Youre Mine Milik Rizky Febian Featuring Mahalini yang Trending di YouTube

"Perbaikan ruang kelas itu tidak bisa sekaligus, tapi berdasarkan skala prioritas dengan melihat tingkat kerusakannya," kata Dadang pada Selasa, 6 September 2022.

Ia menegaskan, sebab membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk memperbaiki seluruh ruang kelas, baik yang rusak berat maupun sedang,  pihaknya juga mencoba mencari bantuan anggaran ke provinsi dan pemerintah pusat.

Dia mencontohkan, perbaikan ruang kelas itu tidak ubahnya seperti memperbaiki jalan. Ketika yang satu selesai diperbaiki, muncul ruang kelas baru yang rusak. Bisa saja rusaknya karena bencana, seperti banjir, longsor, angin kencang, atau karena memang bangunannya sudah tua.

Baca Juga: Jenazah Reza Gunawan Dikremasi di Rumah Duka Grand Heaven Kamis 8 September 2022

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah