Intelijen Pasar Jadi Solusi UMKM Indonesia untuk Kuasai Pasar Dunia

- 31 Agustus 2021, 18:32 WIB
/

BERITAKBB - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki menegaskan akan pentingnya penguasaan dan penggunaan market intelligence (intelijen pasar) bagi pelaku usaha termasuk palaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa bersaing dalam pasar global khususnya e commerce.

"Kita harus bantu pelaku UMKM kita baik yang online maupun off line dengan market intelejen ini" ujar Teten dalam Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya (SNIA) ke-5 yang diinisiasi oleh Jurusan Informatika, Fakultas Sains dan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), Selasa, 31 Agustus 2021.

Teten mencontohkan, para palaku pelaku UMKM di China mendapat dukungan dari e commerce besar di negara tersebut salah satunya dengan intelijen pasar ini.

Baca Juga: Salapak, Upaya Pemkot Bandung Perluas Pemasaran UMKM

Mereka melakukan survei barang apa saja yang dibutuhkan oleh negara yang dituju secata detail baru setelah itu mereka memproduksi barang dalam jumlah besar melalui jejaring UMKM yang dimiliki untuk melakukan penetrasi pasar di negara tujuan.

"Hal ini belum terjadi di Indonesia, sehingga saya berharap kepada e commerce Indonesia termasuk universitas untuk bisa melakukan hal tersebut" tegas Teten.

Dengan penguasaan sumber daya informasi serta dukungan market intelen ini, tegasnya, maka sejumlah persoalan yang selama ini menjadi persoalan bagi pelaku UMKM di Indonesia seperti keterbatasan permodalan, keterbatasan teknologi bisa teratasi maupun pengiriman barang bisa teratasi.

Baca Juga: Wow, 60% Perekonomian Indonesia Ditopang UMKM

"Melalui intelejen pasar yang bisa dilakukan oleh 4 unicorn Indonesia dan dukungan analisis data dari akademisi nantinya para pelaku UKM bisa diarahkan produk mana yang dibutuhkan saat ini dan itu barang itu pasti laku dipasaran" ujarnya.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan oleh Komisaris Utama PT. Bukalapak.com Bambang Permadi S.B yang menegaskan jika pemberdayaan serta penguatan UMKM sangat penting.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x