IWEB Gelar Diskusi, Kontestasi Politik Diprediksi Tidak Akan Berpengaruh Negatif pada Pertumbuhan Ekonomi

- 18 Juli 2023, 16:47 WIB
Dialog Ekonomi Ikatan Wartawan Ekonomi Bisnis ‘Membangun Optimisme di Musim Kontestasi, Menelisik Tantangan dan Peluang ke Depan’
Dialog Ekonomi Ikatan Wartawan Ekonomi Bisnis ‘Membangun Optimisme di Musim Kontestasi, Menelisik Tantangan dan Peluang ke Depan’ /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

 

BERITA KBB - Kontestasi politik, Pilpres 2024 dan juga Pilkada diprediksi tidak akan memberikan pengaruh negatif pada pertumbuhan ekonomi nasional dan juga di daerah. Bahkan jika mampu melihat peluang, sektor ekonomi akan tumbuh positif tahun depan.

 

Direktur Eksekutif Surveilans , Pemeriksaan Statistik Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Priyanto Budi Nugroho memaparkan yang perlu lebih diwaspadai adalah resiko perlambatan ekonomi global. Sebab OECD memperkirakan ekonomi global akan tumbuh 2,7% pada 2023 dan 2,9% pada 2024, lebih rendah dari pertumbuhan 2022 sebesar 3,2%. 

 

Isu inflasi masih membebani pemulihan ekonomi. OECD memproyeksikan inflasi kawasan akan berada di level 6,6% pada 2023 kemudian melandai ke level 4,3% pada 2024. Kendati demikian, inflasi inti diperkirakan masih persisten tinggi. 

Baca Juga: Pembangunan Little Madinah Terus Berproses Payung Masjid Akan Terpasang di Cililin, Ini Kata Kang Hengki

Risiko tambahan yang perlu diwaspadai antara lain ancaman resesi, fragmentasi geopolitik, peningkatan beban utang dan isu climate change.

 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x