Berdayakan Penyedia Layanan Kesehatan Agar Patuhi Standar SATUSEHAT, InterSystems FHIR Gelar Roadshow

- 7 Maret 2024, 21:45 WIB
fase kedua Roadshow FHIR untuk Indonesia bersama Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan, Asosiasi Rumah Sakit Indonesia, PERSI Cabang DI Yogyakarta dan Sumatera Utara, serta ARSSI, Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia.
fase kedua Roadshow FHIR untuk Indonesia bersama Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan, Asosiasi Rumah Sakit Indonesia, PERSI Cabang DI Yogyakarta dan Sumatera Utara, serta ARSSI, Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia. /istimewa/

BERITA KBB – InterSystems, penyedia teknologi data kreatif yang berkomitmen membantu pelanggan mengatasi masalah skalabilitas, interoperabilitas, dan kecepatan yang paling kritis, telah menyelesaikan fase kedua Roadshow FHIR untuk Indonesia bersama Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan, Asosiasi Rumah Sakit Indonesia, PERSI Cabang DI Yogyakarta dan Sumatera Utara, serta ARSSI, Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia.

Berlangsung di Yogyakarta (27 Februari 2024) dan Medan (29 Februari 2024), acara tersebut membahas tentang pentingnya HL7® FHIR®, standar global pertukaran informasi kesehatan secara elektronik bagi masa depan interoperabilitas kesehatan di Indonesia dan bagaimana organisasi kesehatan dapat mengadopsinya.

Standar interoperabilitas FHIR telah diadopsi oleh SATUSEHAT, platform data kesehatan terintegrasi nasional Indonesia, memungkinkannya untuk merekam dan berbagi data pasien yang terstandardisasi dengan aman dari penyedia layanan kesehatan.

Baca Juga: Jaga Kualitas SDM, Pejabat Tinggi Pemkot Bandung Jalani Tes Kesehatan Fisik dan Psikologi


Kegiatan ini merupakan lanjutan Roadshow InterSystems FHIR pertama di Surabaya pada bulan Desember 2023. Secara total, lebih dari 200 ahli data klinis dan eksekutif tingkat C dari rumah sakit terkemuka dan organisasi layanan kesehatan Indonesia lainnya telah menghadiri acara tersebut.

Acara di Yogyakarta tersebut menghadirkan presentasi utama dari Setiaji, Kepala DTO Kemenkes RI, dan pengantar dari PERSI. Di Medan, Dr. Gregorius Bimantoro, Lead Go-To-Market SATUSEHAT DTO Kementerian Kesehatan Indonesia, menyampaikan presentasi utama dengan pengantar dari ARSSI.

Pada kedua acara tersebut, InterSystems dan mitra-mitranya juga melakukan presentasi antara lain, Zi.Care, penyedia sistem rekam medis elektronik (EMR) terkemuka di Indonesia, dan BitHealth, penyedia solusi layanan kesehatan digital.

Baca Juga: Kadinkes Kota Bandung Sebut Sistem Kesehatan Petugas Pemilu Perlu Perbaikan

Dari diskusi Roadshow FHIR untuk Indonesia, para peserta memahami bahwa:

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x