KEREN Banget dan Garang! Inilah Spesifikasi Beserta Harga Xiaomi 12S Ultra, Saingan iPhone 13?

- 5 Agustus 2022, 18:50 WIB
 Xiaomi 12S Ultra.
Xiaomi 12S Ultra. /mi

 

 
BERITA KBB - Xiaomi akhirnya resmi meluncurkan jajaran ponsel flagship perusahaan, yaitu Xiaomi 12S series, Senin 4 Juli 2022 lalu. 
 
Smartphone ini terdiri dari tiga varian, meliputi Xiaomi 12S, Xiaomi 12S Pro dan Xiaomi 12S Ultra.
 
Varian Xiaomi 12S Ultra sendiri menjadi varian tertinggi dibanding lainnya. 
Sejumlah spesifikasinya lebih tinggi ketimbang Xiaomi 12S atau 12 Pro. 
 
 
Misalnya pada aspek kamera, baterai, dan resolusi layar yang lebih unggul dibanding "saudaranya".
 
Xiaomi 12S Ultra merupakan salah satu varian smartphone high-end terbaru buatan Xiaomi yang statusnya masih menjadi rumor. 
 
Meski belum ada informasi akurat terhadap tanggal rilisnya, ada beberapa media yang membeberkan bocoran spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh Xiaomi 12S Ultra.
 
 
Spesifikasi Xiaomi 12S Ultra
 
Xiaomi 12S Ultra dikemas dengan desain yang mirip seperti kamera saku. Sebab, modul kameranya didesain bulat dan besar, dengan beberapa sensor kamera disusun melingkar. 
 
Selain itu, penampangnya juga dirancang memiliki tekstur kulit, sehingga membedakannya dengan dua varian Xiaomi 12S lain.
 
Xiaomi 12S series menjadi smartphone pertama Xiaomi hasil kolaborasi dengan Leica. 
 
 
Tidak heran jika Xiaomi 12S Ultra juga bersanding dengan merek Leica pada penampangnya.
 
Adapun tampilan depannya dilengkapi dengan layar AMOLED LTPO 2.0 6,73 inci dan resolusi 2K. 
 
Layarnya memiliki lubang (punch hole) kecil pada tengah atas layar guna menampung kamera depan ponsel.
 
Selain itu, layar Xiaomi 12S Ultra juga dibekali refresh rate 120 Hz, kecerahan hingga 1500 nit, kerapatan piksel 521 ppi, Dolby Vision, serta sertifikasi HDR 10+.
 
 
Beralih ke aspek dapur pacu, ponsel flagship Xiaomi ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang dirancang dengan arsitektur 4 nm. 
 
Chip besutan Qualcomm ini memiliki CPU dengan clockspeed sampai 3,2 GHz.
 
Snapdragon 8+ Gen 1 pada Xiaomi 12S Ultra dipadankan dengan tiga opsi RAM LPDDR5 dan penyimpanan UFS 3.1, yaitu 8/256 GB, 12/256GB, dan 12/512 GB.
 
Untuk menunjang performa di sektor dapur pacu, sebuah smartphone dituntut untuk mengusung sebuah chipset dengan teknologi terbaru.
 
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Xiaomi 12S Ultra hadir dengan konfigurasi chipset berbasis Snapdragon 8+ Gen 1 yang merupakan generasi penerus dari Snapdragon 8 Gen 1.
 
Dari spesifikasi di atas kertas, varian chipset ini memiliki peningkatan performa sebesar 10 persen jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. 
 
Kemudian, di sektor konsumsi daya, smartphone ini memiliki efisiensi daya yang lebih ramah sebesar 30 persen. 
 
Untuk menunjang aktivitas multimedia yang serius, sebuah smartphone dituntut untuk memiliki dukungan layar dengan kualitas yang terbaik. 
 
Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Xiaomi 12S Ultra memiliki dukungan layar berpanel LTPO AMOLED yang memiliki sajian warna luas dengan tingkat akurasi yang sangat tegas.
 
Untuk menunjang performa gaming, layar ini memiliki konfigurasi refresh rate sebesar 120 Hz. 
 
Kemudian, untuk memanjakan pengguna, layar pada Xiaomi 12S Ultra memiliki dukungan teknologi Dolby Vision dan HDR10+ dengan tingkat kecerahan layar sebesar 1000 nits.
 
Untuk memaksimalkan produktivitas saat melakukan aktivitas multitasking, Xiaomi 12S Ultra hadir dengan dukungan memori RAM berkapasitas 8/12GB. 
 
Faktor ini membuat Xiaomi 12S Ultra diklaim memiliki performa multitasking yang sangat andal.
 
Kemudian, untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data, Xiaomi 12S Ultra hadir dengan dukungan memori internal berkapasitas 256/512GB. 
 
Memori internal pada Xiaomi 12S Ultra mengusung teknologi UFS 3.1 pun diyakini mampu memaksimalkan kecepatan baca dan tulis smpartphone.
 
Xiaomi 12S Ultra juga hadir dengan dukungan quad kamera beresolusi 50+48+48+TOF 3D untuk memenuhi kebutuhan fotografi yang serius. 
 
Kemudian, dari konfigurasi quad kamera tersebut disematkan sebuah lensa berjenis wide, periscope telephoto, ultrwawide, dan depth yang memiliki fungsi tersendiri untuk menunjang aktivitas fotografi.
 
Tidak ketinggalan, Xiaomi 12S Ultra memiliki dukungan kamera depan beresolusi 20MP yang dipadukan dengan lensa wide. 
 
Xiaomi 12S Ultra juga mendukung format perekaman video 8K pada konfigurasi kamera belakang yang disematkan.
 
Tidak hanya menyajikan spesifikasi general mumpuni, Xiaomi 12S Ultra memiliki sajian fitur yang sangat memanjakan para penggunanya. 
 
Xiaomi 12S Ultra mengantongi sertifikasi IP68 yang mengklaim smartphone ini tahan terhadap air dan debu guna melindungi smartphone ini dari risiko penggunaan outdoor.
 
Xiaomi 12S Ultra juga memiliki dukungan fitur Fast charging 67W yang dipadukan dengan Fast wireless charging 50W dan Reverse wireless charging 10W demi memaksimalkan proses pengisan daya. 
 
Beranjak di sektor multimedia, Xiaomi 12S Ultra memiliki dukungan audio yang telah di-tuning oleh Harman Kardon.
 
Harga Xiaomi 12S Ultra
 
Xiaomi 12S Ultra tersedia dalam dua opsi warna yaitu hijau dan hitam. 
 
Adapun rincian harganya sebagai berikut :
 
Xiaomi 12S Ultra 8/256 GB – Rp 13,4 juta.
 
Xiaomi 12S Ultra 12/256 GB – Rp 14,5 juta.
 
Xiaomi 12S Ultra 12/512 GB – Rp 15,6 juta.***
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah