Perubahan Iklim Membuat Lebih Sulit untuk Memerangi Penyakit Menular

- 26 September 2023, 15:52 WIB
Perubahan Iklim Membuat Lebih Sulit untuk Memerangi Penyakit Menular
Perubahan Iklim Membuat Lebih Sulit untuk Memerangi Penyakit Menular /

 

BERITA KBB - Perubahan iklim adalah salah satu ancaman terbesar bagi kesehatan manusia di abad ke-21. Selain menyebabkan bencana alam, perubahan iklim juga dapat memperburuk penyakit menular yang telah merenggut jutaan nyawa di seluruh dunia. Bagaimana perubahan iklim dapat mempengaruhi penyebaran dan pengobatan penyakit seperti AIDS, TBC, dan malaria?

 

Perubahan Iklim dan Penyakit Menular

Penyakit menular adalah penyakit yang dapat ditularkan dari satu organisme ke organisme lain, baik melalui kontak langsung, vektor (seperti nyamuk atau tikus), atau lingkungan (seperti air atau udara). Beberapa penyakit menular yang paling mematikan di dunia adalah AIDS, TBC, dan malaria.

 

AIDS adalah sindrom yang disebabkan oleh infeksi virus HIV, yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan membuat penderitanya rentan terhadap infeksi oportunistik. Menurut data WHO, sekitar 37,7 juta orang hidup dengan HIV di tahun 2020, dan 690 ribu orang meninggal karena penyakit terkait AIDS.

 

TBC adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis, yang dapat menyebar melalui batuk atau bersin. TBC dapat menyebabkan batuk berdarah, demam, penurunan berat badan, dan kematian jika tidak diobati. Menurut data WHO, sekitar 10 juta orang menderita TBC di tahun 2020, dan 1,4 juta orang meninggal karena penyakit ini.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x