Tips Menjaga Kesehatan Mental Milenial dan Gen Z

- 10 Oktober 2023, 12:36 WIB
Tips Menjaga Kesehatan Mental Milenial dan Gen Z
Tips Menjaga Kesehatan Mental Milenial dan Gen Z /Freepik/freepik

 

 

BERITA KBB - Kesehatan mental adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Namun, seringkali kesehatan mental diabaikan atau dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal, kesehatan mental berpengaruh terhadap kualitas hidup, hubungan sosial, prestasi akademik, produktivitas kerja, dan kesejahteraan individu maupun masyarakat.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, lebih dari 19 juta penduduk Indonesia berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional, dan lebih dari 12 juta penduduk Indonesia berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi. Angka-angka ini menunjukkan bahwa masalah kesehatan mental di Indonesia cukup serius dan membutuhkan perhatian yang lebih besar.

Salah satu kelompok yang rentan mengalami masalah kesehatan mental adalah generasi milenial dan gen Z. Generasi milenial adalah generasi yang lahir antara tahun 1980 hingga 1995, sedangkan generasi Z adalah generasi yang lahir antara tahun 1996 hingga 2015. Kedua generasi ini tumbuh di era digital dan informasi yang menawarkan banyak kemudahan sekaligus tantangan.

 Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Jodoh Gak Seprofesi I'm Not Father, Ina Marika dan Tarra Budiman, Tayang 10:00 WIB

Beberapa faktor yang dapat memicu masalah kesehatan mental pada generasi milenial dan gen Z antara lain adalah:

  • Tekanan untuk bersaing dan berprestasi di dunia pendidikan dan pekerjaan yang semakin kompetitif.
  • Paparan media sosial yang dapat menimbulkan perbandingan diri, ekspektasi yang tidak realistis, cyberbullying, atau fear of missing out (FOMO).
  • Pandemi COVID-19 yang menyebabkan perubahan pola hidup, isolasi sosial, ketidakpastian ekonomi, dan kecemasan akan kesehatan diri dan orang lain.
  • Kurangnya literasi dan akses terhadap layanan kesehatan mental yang berkualitas dan terjangkau.

 

Oleh karena itu, penting bagi generasi milenial dan gen Z untuk menjaga kesehatan mental mereka dengan cara-cara berikut:

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x