Yang Punya Anak Remaja Merapat! Begini Tips Mendidik dan Memahami Dunia Mereka

- 10 Oktober 2020, 11:54 WIB
Ilustrasi remaja di masa pertumbuhan
Ilustrasi remaja di masa pertumbuhan /PIXABAY/Free-Photos


BERITA KBB - Banyak yang bilang, masa remaja itu identik dengan kenakalan yang menyusahkan para orang tua, tapi kalau kita mau sedikit mengerti dan masuk dunia mereka, banyak hal positif yang bisa kita pelajari.

Biasanya seseorang akan dikategorikan remaja saat menginjak usia 13 tahun. Masa transisi dari anak anak menjadi dewasa. Anak menjadi lebih perasa, mulai melawan dan mengungkapkan pendapatnya dengan cara yang mungkin tidak lagi menyenangkan seperti saat mereka anak anak.

Jadilah contoh yang baik

Sebagai orang tua, jadilah role model untuk anak anak kita karena sesungguhnya rumah adalah sekolah terbaik untuk mereka. Keseharian kita, tingkah laku, cara bicara dan bagaimana kita memperlakukan anak kita akan melekat kuat di pikiran dan hati mereka. Jadi jangan salahkan anak anak jika mereka mencontoh keburukan mereka lihat dari kita.

Baca Juga: Helarfest Kembali Digelar

Untuk hidup damai dengan remaja tercinta kita berikut tips sederhana yang dikutip dari situs Kids Health.

1. Belajar tentang mereka

Setiap jaman selalu punya banyak perubahan, juga tentang remaja yang tak lagi sama seperti masalalu kita. Bacalah buku buku terkini atau bertukar pikiran dengan sesama orang tua atau bahkan mereka yang ahli tentang ini.

2. Luangkan waktu spesial

Saat anak anak mereka mungkin tidak akan protes saat kita sibuk tapi para remaja akan sangat menghargai orang tua yang mau meluangkan waktu untuk mereka.

3. Masuki dunia mereka

Jangan pernah memaksa mereka untuk mengerti kita, tapi masukilah dunianya, jadilah pendengar dan sahabat terbaik untuk mereka .

Baca Juga: Ini dia Tiga Kepala Daerah yang Mendorong Presiden Jokowi Segera Terbitkan Perppu Cipta Kerja..

4. Bebaskan untuk berekpresi dengan batasan

Jika mereka tiba tiba minta mewarnai rambut atau memakai aksesoris, tersenyum dan dukunglah selagi itu masih dalam batas kesopanan. Jangan selalu berkata tidak, tapi iya dengan batasan yang adil dan jelas.

5. Hormati urusan pribadinya

Betul kita harus dekat seperti sahabat, tapi jangan lupa bahwa semua orang berhak untuk punya hal pribadi yang mungkin lebih nyaman untuk di simpan sendiri.

Para orang tua atau calon orang tua tetap semangat yah, ingat dulu orangtua kita begitu manis saat kita mulai melawan dan tak lagi lucu seperti anak anak, jadi kita juga bisa atau bahkan mampu melakukannya lebih baik lagi.***

 

Editor: Cecep Wijaya Sari

Sumber: Kids Health


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah