Simak! 3 Hal Kecil Ini Bisa Bantu Hemat Keuangan Anda di Kala Pandemi

- 9 Oktober 2020, 08:38 WIB
Tips hemat kelola keuangan di tengah pandemi
Tips hemat kelola keuangan di tengah pandemi /Pexels/

 

BERITA KBB - Selama lima bulan terakhir, banyak yang telah memprediksi tentang bagaimana pandemi coronavirus akan mengubah politik, pekerjaan, perjalanan, pendidikan, dan bidang-bidang lainnya. Kini semua terbukti dengan adanya New Normal yang harus kita praktikkan dalam kehidupan sehari hari.

Berbicara tentang perubahan ada hal penting yang yang sebaiknya kita ubah dalam mengelola keuangan kita . Seperti diketahui, banyak dari kita yang terbiasa hidup lebih dari yang kita mampu.

Saat ekonomi stabil dan kita punya penghasilan tetap, mungkin semua akan baik baik saja. Tapi ketika musibah besar datang apalagi pandemi yang memakan waktu yang tidak sebentar, hanya mereka yang punya banyak uang yang masih tersenyum tenang.

Baca Juga: Tips Agar Tetap Tampil Cantik untuk yang Sering Begadang

Kita tidak bisa memilih situasi seperti apa yang akan kita hadapi, tapi kita bisa memilih bagaimana kita menyikapinya.

Berikut adalah tips mudah untuk berhemat beberapa rupiah dengan mudah.

1. Bawa botol minum dari rumah. Pastikan selalu bawa ada air dari rumah atau kantor untuk diperjalanan. Ini membantu kita tidak mengeluarkan beberapa ribu rupiah untuk sebotol air pelepas dahaga.

2.Jika mungkin, kurangi kebiasaan terlalu sering makan di restauran mahal. Masak sendiri atau mencoba kuliner dengan harga terjangkau tidak akan mengurangi nikmatnya makan disaat lapar.

Baca Juga: Keutamaan Hari Jumat Bagi Umat Muslim

3. Beli dan gunakan masker washable

Salah satu pengeluaran pokok kita sekarang adalah masker. Dengan membeli dan mengunakan masker yang bisa di cuci dan dipakai lagi akan menambah daftar penghematan.

Pandemi adalah masa yang sulit untuk semuanya, bila kita bisa sedikit mengalah dari ego hidup mewah, sebuah langkah penghematan sederhana bisa membantu kita menambah budget untuk bersedekah dan membantu sesama. Indonesia bisa!***

 

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x