Di Hari Kesehatan Mental Sedunia, Shahnaz Haque Bahas Kesehatan Jiwa di Program Kata Naz

- 11 Oktober 2023, 18:27 WIB
Shahnaz Haque.
Shahnaz Haque. /instagram.com/shahnaz haque

BERITA KBB – Presenter dan praktisi komunikasi Shahnaz Haque memperkenalkan program Kata Naz di channel Youtube https://www.youtube.com/@katanaz.official/ sebagai wadah perempuan lintas usia untuk dapat berbagi pikiran dan perasaan terkait isu kehidupan terkini yang tengah dihadapi.

Episode perdana Kata Naz berjudul Medical Check-Up (MCU) Jiwa tayang pada 6 Oktober 2023. Episode 1 ini ditayangkan dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober setiap tahun.

Dalam episode tersebut Shahnaz memperkenalkan 4E, Easy, Enjoy, Excellent, Earn sebagai P3K kesehatan jiwa.

Baca Juga: Ganjar Ajak Anak Muda Masuk Parpol Saat Berikan Kuliah Umum di Universitas Parahyangan

Episode pertama tersebut merupakan pembuka dari seri mengenai kesehatan mental Kata Naz yang diikuti oleh episode 2, Kena Mental Bukan Aib; episode 3, Inner Child; dan episode 4, Moms, It’s Ok to Not Be Ok!, yang akan tayang setiap hari Jumat. 

“Saya ingin mengajak para Moms dari lintas usia, perempuan remaja dan dewasa untuk menyadari peran dan fungsinya - baik sebagai anak, istri, ibu, maupun menantu untuk bijak menyikapi kehidupan hari ini dan mendatang. Saya melihat tantangan di era digital sekarang membuat perempuan menerima begitu banyak informasi, cenderung oversharing di media sosial, dan sering membandingkan diri dengan pencapaian orang lain sehingga menjadi overthinking. Oleh karena itu, Kata Naz hadir sebagai teman dan tempat untuk mendengarkan dan didengarkan,” ujar Shahnaz Haque.

Berbekal pengalamannya di dunia hiburan sebagai bintang iklan, penyiar TV dan radio serta aktivis di dunia perempuan dan anak, Shahnaz berharap Kata Naz bisa menjadi ruang untuk saling berbagi pendengaran dan lisan dalam menebar manfaat diri serta menjadi ruang belajar bagi semua perempuan.

Baca Juga: Daftar Rating Acara TV 10 Oktober 2023: Magic 5 Hajar Top 5, Dia Yang Kau Pilih Bisa Kena Warning

Hadir sebagai narasumber di episode perdana, dr. Rama Giovani, Sp.KJ. mengatakan, “Gangguan kesehatan mental atau kesehatan jiwa merupakan dua teratas penyebab disabilitas. Hal ini sudah diprediksi oleh seorang psikiater terkenal di Amerika Dr. Daniel Amen yang meramalkan akan terjadi tsunami mental health. Oleh karena itu kita perlu membangun kesadaran jika kita memiliki masalah dan tidak perlu malu mencari pertolongan.”

Kata Naz hadir dilatarbelakangi misi Shahnaz untuk memberikan tempat bagi semua orang agar bisa mengungkapkan pikiran atau perasaan mereka. 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x