Menelusuri Kawah Yang Terbentuk Dari Jatuhnya Benda Luar Angkasa Ke Bumi

- 18 April 2022, 07:29 WIB
Menelusuri Kawah Yang Terbentuk Dari Jatuhnya Benda Luar Angkasa Ke Bumi
Menelusuri Kawah Yang Terbentuk Dari Jatuhnya Benda Luar Angkasa Ke Bumi /@inewsdotid (instagram)
 

BERITA KBB - Jatuhnya meteor ke Bumi menjadi fenomena alam yang menarik untuk diketahui.

Jika benda angkasa tersebut berhasil sampai ke bumi (meteorit) maka akan terbentuk kawah.

Berikut adalah daftar kawah di bumi yang terbentuk akibat ledakan atau tabrakan benda angkasa yang dapat dilihat secara langsung.
 
 
Baca Juga: ARMY Wajib Tahu, Ini Sejarah Pencapaian BTS Terbaru di Spotify

1. Kawah Popigai
Kawah ini berada di Siberia, Rusia. Memiliki diameter 100 kilometer. Kawah ini terbentuk sekitar 35 juta tahun yang lalu, akibat dari tabrakan asteroid raksasa. Diketahui bahwa di kawah ini menyimpan harta karun berlian triliunan karat.

2. Kawah Sudbury
Lokasi kawah ini berada di Ontario, Kanada. Berdiameter sekitar 200 kilometer. Kawah ini dikenal sebagai lokasi tambang yang kaya platina, emas dan lainnya.

3. Kawah Manicouagan
Kawah tersebut berlokasi di Kuebec, Kanada. Memiliki diameter sekitar 100 kilometer. Kawah ini terbentuk akibat adanya hantaman dari asteroid berukuran 5 kilometer dan kini menjadi sebuah danau dengan luas 1.942 kilometer persegi.

4. Kawah Vredefort
Kawah ini berada di Free State, Afrika Selatan. Berdiameter sekitar 300 kilometer. Kawah ini sudah terdapat dibumi 2 miliar tahun lalu akibat adanya tabrakan asteroid raksasa.

Demikian informasi mengenai terbentuknya kawah yang berasal dari ledakan atau jatuhnya benda langit ke permukaan bumi. Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan atas segala fenomena yang terjadi karena Kuasa-Nya.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: @inewsdotid (instagram)


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x